Kostum Merak Meriahkan "Wonderful Archipelago Carnaval Indonesia" Karnaval. (Foto: ANTARA/Seno)

RIBUAN orang memadati jalanan sepanjang 1,5 kilometer di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/8). Mereka terlihat terpukau menyaksikan pemandangan yang ada di depannya.

Ya, di hadapan mereka melintas sejumlah orang berkostum unik. Salah satunya, kostum merak yang terlihat elegan. Kehadiran mereka di sana untuk meramaikan acara "Wonderful Artchipelago Carnaval Indonesia" atau WACI.

Karnaval yang melibatkan ratusan peserta dari berbagai daerah itu dibuka Wakil Bupati Jember, A Muqit Arief. Setiap daerah datang dengan tema berbeda. Peserta dari Kabupaten Bondowoso mengusung tema "Busana Islami Nusantara". Utusan dari Situbondo mengangkat tema "Best Situbondo Carnaval". Lalu, ada pula peserta dari Gorontalo yang hadir dengan tema "MM Karawo Agensy Iksotika, Lo Hulondalo".

Terakhir, peserta dari Kepulauan Riau menampilkan kostum legenda Kerajaan Melayu. Ada yang beda dengan WACI tahun ini. Warga dari kabupaten terdekat, yaitu Situbondo dan Bondowoso, turut berpartisipasi dalam karnaval.

WACI dimotori Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) pimpinan Dynand Fariz. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomian daerah.

Seperti dilansir Antara, penampilan para peserta dengan busana khas masing-masing berhasil menghipnotis penonton. Sering nonton festival seperti ini? Anda pasti tahu rasanya terhipnotis keindahan kostum para peserta karnaval. (*)

Dapatkan informasi terkini lain dari Merahputih.com pada artikel Mobil Mewah Lexus LF-C2 Jadi Perhatian Pencinta Otomotif Di GIIAS.



Rina Garmina

YOU MAY ALSO LIKE