Kosta Rika Legalkan Pernikahan Sesama Jenis (Foto: peopledisptach)

DUA wanita menikah dalam siaran di televisi nasional di Kosta Rika pekan ini. Ini sekaligus menandai pernikahan sesama jenis resmi dan legal di negara itu.

Kosta Rika mengesahkan pernikahan sesama jenis hari Selasa pagi ketika putusan dari Mahkamah Agung yang mengakhiri larangan untuk menikah sesama jenis. Larangan pencabutan itu terjadi hampir dua tahun setelah di awal pihak Mahkamah Agung memutuskan bahwa itu tidak konstitusional.

Baca juga:

Tren Warna Rambut di Pertengahan Tahun 2020, Berani Coba?

1
Dunia Araya dan Alexandra Quirós menjadi pasangan sesama jenis pertama yang menikah (Foto: time)

Presiden Kosta Rika, Carlos Alvarado Quesada menyatakan lewat media sosial pada hari Senin bahwa putusan baru akan memberikan pasangan sesama jenis dan keluarga mereka hak yang sama dengan pasangan atau keluarga lain di negara ini. "Bersama-sama, di bawah bendera yang sama, mari kita membangun bangsa yang lebih baik," jelas Quesada.

Enrique Sanchez, anggota kongres gay pertama secara terbuka di Kosta Rika, juga mengatakan kepada Reuters bahwa legalisasi pernikahan sesama jenis di negara itu merupakan puncak dari pertempuran bertahun-tahun oleh para aktivis. "Dengan pengalaman mereka, perjuangan mereka, mereka telah membantu membangun masyarakat di mana tidak ada keluarga kelas dua atau orang kelas dua," tambahnya.

Baca juga:

3 Tips Simpel Tetap Terlihat Cantik ketika Zoom ala Artis

2
Diadakan upacara perayaan oleh pasangan sesama jenis (Foto: dailycaller)

Pasangan sesama jenis di seluruh negeri mengadakan upacara untuk merayakan putusan itu. Beberapa perayaan dirayakan secara pribadi karena wabah COVID-19. Begitu pula bagi Dunia Araya dan Alexandra Quirós, pasangan yang menikah Selasa pekan ini ikut merayakan keputusan itu. Mereka pun menjadi pasangan sesama jenis pertama di Kosta Rika yang menikah secara resmi.

Menurut BBC, pasangan sesama jenis pertama di Kosta Rika itu mengadakan pesta pernikahan secara outdoor. Seorang notaris hadir di pernikahan itu dengan menggunakan masker. (lgi)

Baca juga:

Pancarkan Kecantikan dengan Kulit Cerah

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH