Korut Ungkapkan Keinginan Penyatuan Dua Korea

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 26 Januari 2018
Korut Ungkapkan Keinginan Penyatuan Dua Korea
Anggota militer Korea Utara berpatroli di tanggul Pulau Hwanggumpyong, Sabtu (28/10). (ANTARA FOTO/REUTERS/Jacky Chen)

MerahPutih.com - Korea Utara mengirimkan pengumuman langka yang ditujukan kepada semua warga Korea di dalam dan luar negeri, pada Kamis (25/1).

Media pemerintah menyebut bahwa mereka harus melakukan "terobosan" untuk penyatuan tanpa bantuan dari negara lain.

Pengumuman tersebut mengatakan bahwa semua warga Korea harus mendukung kontak, perjalanan, kerja sama antara Korea Utara dan Korea Selatan. Ditambahkan juga Pyongyang akan menghancurkan semua halangan terhadap penyatuan kembali semenanjung Korea.

Seperti dilansir Antara, pengumuman yang dikeluarkan setelah pertemuan gabungan antara pemerintah dan partai politik. Warga Korea harus melakukan dorongan energik untuk meredakan ketegangan militer akut dan menciptakan iklim damai di Semenanjung Korea.

Kantor berita resmi Korea Utara menyatakan ketegangan militer di Semenanjung Korea merupakan rintangan mendasar untuk perbaikan hubungan dan penyatuan antar-Korea.

Pengumuman tersebut menambahkan, latihan militer gabungan dengan "kekuatan luar" terbukti tidak membantu perkembangan hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Korea Utara tidak memberikan rincian mengapa pertemuan tersebut diadakan, namun pernyataan itu mengatakan bahwa hal tersebut bertujuan untuk mendukung ucapan pemimpin Kim Jong-un mengenai penyatuan dari pidato tahun baru yang disampaikannya.

Pengumuman tersebut mengatakan, tahun ini sangat berarti bagi Korea Utara dan Korea Selatan karena ini merupakan peringatan ke 70 tahun berdirinya Korea Utara, sementara Korea Selatan akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin bulan depan. (*)

#Korea Utara #Korea Selatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan