Koruptor PNS Provinsi Terbanyak Ternyata Anak Buah Anies Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyatakan PNS aktif terpidana kasus korupsi di tingkat Provinsi paling banyak merupakan pegawai Pemprov DKI Jakarta di bawah pimpinan Gubernur DKI Anies Baswedan. PNS korup di jajaran Pemprov DKI itu menyumbang sekitar 15 persen dari total 342 PNS koruptor yang bekerja di pemerintahan Provinsi se Indonesia

"Dalam daftar rekapitulasi ada sebanyak 52 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang terlibat tipikor," kata Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (14/9).

PNS
Pegawai Negeri Sipil (PNS). Foto: MP

Ridwan menuturkan, dari 34 daftar provinsi, hanya Provinsi Sulawesi Barat dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki daftar paling sedikit PNS yang tersandung korupsi. "Dari masing-masing provinsi tersebut terdapat tiga orang PNS terlibat yang bekerja di pemerintahan kabupaten dan Kota," tutur dia.

Menurut Ridwan, total saat ini terdapat 2.357 PNS pelaku tindak korupsi yang sudah berstatus inkracht atau berkekuatan hukum tetap, yang tersebar mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga kementerian.

"Dari data yang dimiliki sebanyak 1.917 merupakan PNS yang bekerja di Pemerintah Kabupaten/Kota, 342 PNS bekerja di Pemerintah Provinsi, dan sisanya 98 PNS bekerja di Kementerian/Lembaga di wilayah Pusat," tandas dia. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH