Korporasi Menengah Masuk Desa, Petani Kecil Tersingkirkan

Ana AmaliaAna Amalia - Sabtu, 03 Oktober 2015
Korporasi Menengah Masuk Desa, Petani Kecil Tersingkirkan
Ilustrasi seorang petani menjemur gabah di Kecamatan Patalassang, Gowa, Sulawesi Selatan . (Antara)

MerahPutih Peristiwa - Menurunnya jumlah petani di pedesaan, selain karena minimnya minat pemuda desa faktor minimnya lahan pertanian pun sangat berpengaruh, bahkan masuknya korporasi menengah memperparah kondisi ini.

Hal inilah yang diutarakan oleh Gutomo Bayu Aji, salah satu peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kepada wartawan Merahputih.com, setelah pemutaran film tentang pertanian di Media Center LIPI, Jumat (2/10).

"Korporasi menengah itu bukan kebijakan utama pemerintah, tapi itu memperlihatkan bahwa tidak ada dukungan dari pemerintah untuk petani kecil. Petani kecil berubah menjadi petani penggarap dan keluar dari dunia pertanian.," ungkap Bayu yang juga tim pembuat film dokumenter.

Selain adanya korporasi menengah yang masuk ke desa, kebijakan pemerintah mengenai food estate, bisa dikategorikan sebagai perampasan tanah.

"Kalau korporasi besar kan ada kebijakan dari pemerinta yaitu food estate, itu ada di daerah Merauke dan Kalimantan Barat. Itu baru perampasan tanah, di mana hutan di klaim negara. Akhirnya dibuat pembukaan lahan makanan besar," ketus Bayu.

Hal inilah yang membuat para petani akhirnya termajinalkan, terutama dengan tidak adanya dukungan pemerintah.

"Kalau saat saya di lapangan (riset) bukan perampasan tanah. Tapi mereka termajinalkan, mereka kehilangan tanah secara pelan-pelan," tutup Bayu. (Rky)

BACA JUGA:

Peneliti LIPI: Anak Muda Desa Anggap Kerja di Pertanian Itu Kotor

Patroli di Pulau Terluar Indonesia-Filipina

Pria Bersenjata Culik Turis di Filipina

#Kementerian Pertanian #Pertanian #Liputan Khusus #Petani #LIPI
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan