Korlantas Polri Siap Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 07 Mei 2019
Korlantas Polri Siap Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019
Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2019 Bidang Lalu-lintas, di Semarang, Jawa Tengah, Senin (6/5) (Ist/Antaranews)

Merahputih.com - Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri menegaskan pihaknya siap mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2019.

"Pemerintah sudah menetapkan libur nasional dan cuti bersama, tentunya juga kita harus siap bagaimana memanajemen dan mengelola pergerakan-pergerakan arus mudik dan arus balik Lebaran 2019," kata Andri, Selasa (7/5).

Hal itu ia katakan ketika memberikan arahan dan paparan dalam Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2019 Bidang Lalu-lintas, di Semarang, Jawa Tengah.

Dalam rapat koordinasi tersebut, hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, perwakilan PT Jasa Marga (Persero), PT Bina Marga (Persero), dan Badan Pengatur Jalan Tol.

Untuk mudik tahun ini, ia memperkirakan minat masyarakat untuk mudik sangat besar. Hal itu dikarenakan pemerintah telah menyiapkan sarana dan prasarana dengan baik.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Mereka pun telah memulai survei sejumlah ruas jalan nasional demi mempersiapkan Operasi Ketupat 2019 serta memastikan kelayakan jalan untuk digunakan pemudik nanti. "Animo masyarakat untuk mudik tahun ini akan meningkat sekitar 30 persen hingga 40 persen. Survei kami lakukan bukan hanya pada ruas jalan tol, tetapi juga ruas jalan nasional. Serta tidak hanya di daerah Jawa saja, melainkan juga di Lampung, Palembang, Sumut, dan wilayah lain," jelas dia.

"Kami sudah siap, pengalaman kami dari tahun ke tahun sudah sangat terbiasa dengan kegiatan seperti ini. Hanya saja fluktuasinya dari waktu ke waktu dan dinamikanya mungkin sedikit berbeda. Ini yang jadi perhatian khusus kami," ucap dia.

Jenderal polisi bintang dua ini pun meyakini bahwa pengelolaan mudik tahun ini bakal lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. "Saya berkeyakinan peningkatan (pemudik) 10 persen hingga 40 persen itu dapat kita kelola dengan sebaik-baiknya, sehingga mudik akan berjalan lancar," katanya. (*)

#Kakorlantas #Arus Mudik
Bagikan
Bagikan