Korban Meninggal Gempa-Tsunami Sulteng Tembus di Atas 2.000 Jiwa

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 09 Oktober 2018
Korban Meninggal Gempa-Tsunami Sulteng Tembus di Atas 2.000 Jiwa
Petugas Basarnas membawa jenazah korban gempa Palu. Foto: @Sutopo_PN

MerahPutih.com - Data terbaru jumlah korban meninggal dunia dalam musibah gempa dan tsunami, di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, hingga Selasa, pukul 08.54 Wita mencapai 2.002 orang.

Demikian data yang dilansir Posko Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) di Palu, Selasa (9/10). Dari korban meninggal dunia itu sebagian dikuburkan secara massal dan sebagian oleh keluarganya masing-masing.

Sebuah rumah hancur akibat gempa Palu. Foto: @Sutopo_PN

Korban meninggal dunia yang telah dikuburkan secara massal di Poboya sebanyak 864 jenazah, di pemakaman massal Pantoloan 35 jenazah, dan di pemakaman massal di Donggala 35 jenazah.

Korban meninggal dunia yang telah dimakamkan oleh keluarganya masing-masing sebanyak 1.068 jenazah. Sementara korban luka-luka mencapai 4.084 orang, korban hilang 671 orang.

Rumah yang rusak sebanyak 67.310 unit tersebar di Kota Palu sebanyak 65.733 unit, di Kabupaten Sigi 897 unit, dan di Kabupaten Donggala 680 unit dilansir dari Antara. Masyarakat yang mengungsi terdata sekitar 74 ribu orang.

gempa
Kondisi Petobo Palu pascagempa bumi. Foto: @ZUL_Hasan

Sebelumnya Panglima Kogasgabpad Mayjen TNI Tri Suwandono mengimbau warga yang meninggalkan Palu dan daerah-daerah sekitarnya untuk kembali.

Mayjen Tri juga mengajak masyarakat untuk kembali membangun kembali Palu, Donggala, dan Sigi, agar Sulteng bisa bangkit. "Ekonomi sudah berjalan, bank-bank buka, rumah sakit operasional, listrik sudah mengalir baik, sekolah, air bersih juga begitu, dan lain sebagainya," tandas jenderal bintang dua itu. (*)

#Gempa Palu #Gempa Donggala
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan