Korban Dugaan Pelecehan Dokter RS National Hospital Mengadu ke Kemenkes

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 01 Februari 2018
Korban Dugaan Pelecehan Dokter RS National Hospital Mengadu ke Kemenkes
National Hospital Surabaya. (national-hospital.com)

MerahPutih.com - Kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum dokter terhadap korbannya yang merupakan calon perawat di RS National Hospital Surabaya, terus berlanjut dan kian melebar. Usai mengajukan pidana, kini mengajukan gugatan perdata.

Kuasa hukum korban, Okky Firmansya, saat dikonfirmasi merahputih.com mengatakan upaya perdata ini sengaja dilakukan lantaran upaya hukum pidana terkesan mandeg.

Sebenarnya, bukan hanya upaya pidana dan perdata. Saat ini, tim kuasa hukum juga melakukan upaya nonmitigasi, artinya upaya hukum di luar persidangan. Upaya-upaya itu ditujukan pada Kementrian Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia dan beberapa instansi lain yang berkaitan.

"Upaya ini kita lakukan mulai hari ini. Mulai dari kementrian sampai ke profesinya. Biar ada sanksi bagi tergugat," ujar Okky, saat dikonfirmasi melalui selularnya, Kamis (1/2).

Sebenarnya, kata Okky, antara klienya dan tergugat sudah dilakukan mediasi. Hanya saja, mediasi tidak menemui titik temu. Sebab, sejauh ini tergugat masih bersih kukuh yang dilakukan bukanlah bentuk pidana. Melainkan prosedur sebagai persyaratan tes kesehatan.

"Makanya, karena tidak ada titik temu, saya khawatir ini akan mandeg. Makanya ada upaya nonmitigasi," tutupnya.

Sekedar diketahui, calon perawat RS National Hospital Surabaya diduga mendapat perlakuan pelecehan seksual oleh oknum dokter berinisial R.

Kasus ini pernah dilaporkan atas tuduhan pidana di Polda Jawa Timur. Belakangan karena proses hukum kasusnya berjalan lambat, akhirnya menggugat perdata kepada RS National Hospital Surabaya untuk membayar ganti rugi Rp 5 milliar melalui Pengadilan Negeri Surabaya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: 7 Fakta Kasus Pelecehan Seksual Pasien di National Hospital Surabaya

#Surabaya #Pelecehan Seksual
Bagikan
Bagikan