Kopi, Teh dan Kakao Indonesia Mulai Mendunia Kopi, teh dan kakao Indonesia dipamerkan dalam COTECA. (Foto: rawpixel-392635)

KOPI, teh dan kakao merupakan komoditi utama Indonesia. Kualitas ketiga komoditas tersebut tak diragukan lagi. Kopi, teh dan kakao asli Indonesia kini berani unjuk gigi di kancah internasional. Keberanian tersebut ditunjukkan dengan keikutsertaan Indonesia dalam Pameran Produk Kopi, Teh, dan Kakao (Coffe, Tea, and Cacao – COTECA) yang berlangsung di kota Hamburg, Jerman. Pameran yang berlangsung setiap dua tahun sekali tersebut digelar mulai 10 hingga 12 Oktober 2018.

Keikutsertaan Indonesia dalam ajang tersebut menjadi peluang tersendiri bagi para pegiat kopi, teh, dan kakao untuk membawa produk Indonesia ke mancanegara. Jerman merupakan pasar yang sangat potensial karena menjadi pasar terbesar di Uni Eropa dengan populasi mencapai 82 juta orang. Khusus untuk sektor kopi, partisipasi pegiat kopi juga dimaksudkan untuk promosi produk specialty coffee Indonesia ke Jerman.

coteca
Stand Indonesia di COTECA. (Foto: ist)

Dalam acara tersebut, terdapat 9 perusahaan yang mewakili ketiga komoditas tersebut. Perusahaan yang bergerak di bidang kopi yakni PT Shriya Artha Nusantara dari Jakarta, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Cilacap, serta Intana Grafinusa asal Jawa Barat.

Sementara produsen teh yang turut hadir di acara tersebut adalah PT Mitra Kerinci Sumatera Barat dan PT Perkebunan Nusantara Bandung. Adapun MUTIGO Jakarta membawa hasil produksi berupa kopi dan kakao, sementara Java Moen International Semarang membawa produksi berupa kopi, teh dan kakao. Paris van Java Specialty Coffee asal Bandung memperkenalkan kopi dan teh terbaik asal daerahnya.

kopi
Kopi Indonesia merambah pasar dunia. (Foto: Pexels/Janko Ferlic)

Dengan fasilitas dari Kedutaan Besar Indonesia di Berlin, mereka menempati stan bersama seluas 91 meter persegi di Hall A4. Selama penyelenggaraan COTECA, mereka tak hanya membuka stan saja. Mereka juga memberikan seminar tentang kopi Indonesia yang berlangsung Rabu (10/10) yang dilakukan oleh Perusahaan Kopi ROSS.

Selama berada di Jerman, para produsen kopi dan teh memberi kesempatan para pengunjung untuk merasakan kenikmatan kopi dan teh Indonesia. Itu dilakukan dengan cara coffee cupping dan tea tasting yang diadakan selama tiga hari. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH