Kopi Mempercantik Rambut Kopi dapat menghitamkan rambut. (Foto: Pixabay/rawpixels.com)

SEBAGIAN dari kita tak bisa hidup tanpa kopi. Meminum secangkir kopi di pagi hari dapat meningkatkan mood dan semangat kita dalam beraktivitas.

Cairan pekat berwarna hitam ini juga dijadikan pilihan bagi kita yang ingin terjaga sepanjang malam. Tahukah kamu bahwa kopi tak hanya meningkatkan mood tetapi dapat meningkatkan kecantikan? Komposisi luar biasa yang terdapat di bubuk kopi dapat mempercantik rambut dan kulit kita.

Kafein dapat memperindah rambut dan membuatnya tampak semakin sehat. Tak hanya satu, kopi membawa berbagai manfaat untuk rambut kita. Kita bisa menjadikan kopi sebagai masker rambut atau kondisioner. Berikut manfaat kopi untuk rambut:

Menumbuhkan Rambut

Kopi dapat membantu proses pertumbuhan rambut. Selain menumbuhkan rambut secara cepat, kopi yang diaplikasikan ke batang rambut juga membuat rambut lebih lembut dan berkilau. Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi dan 2 sendok makan minyak zaitun hingga berubah menjadi pasta. Selanjutnya, aplikasikan di rambut dan pijat perlahan secara memutar. Tunggu selama 15 hingga 30 menit. Setelah 30 menit, bilas dengan air dingin dan keramaslah dengan shampo berbahan mild dan sulphate-free. Untuk hasil terbaik, lakukan seminggu sekali. Kita juga bisa menjadikan pelengkap shampo dan kondisioner. Caranya, seduh kopi dan biarkan hingga dingin. Aplikasikan kopi setelah menggunakan shampo dan kondisioner. Melakukan ritual ini setiap keramas membuat rambut kita berkilauan.

kopi
Kopi memiliki manfaat mempercantik rambut. (Foto: befitandfine)

Rambut Rontok

Rambut rontok karena folikel rambut rapuh. Kerapuhan rambut bisa disebakan berbagai faktor seperti stres, ketidakseimbangan hormon, faktor keturunan, hingga faktor usia. Rambut rontok mengantarkan kita pada kebotakan.Kopi dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Hal pertama yang harus dilakukan adalah seduh kopi dan biarkan hingga mendingin. Selanjutnya, cuci rambut dengan kopi seminggu dua kali untuk mengurangi rambut rontok. Perawatan secara rutin dapat memicu pertumbuhan rambut secara cepat.

Sirkulasi Darah di Kepala

Ketika sirkulasi darah di kulit kepala lancar, rambut dapat tumbuh lebih cepat. Minyak yang terdapat pada kopi membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Cara membuat minyak kopi sangat mudah dan sederhana. Pertama-tama, siapkan minyak favoritmu seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan lain-lain. Selanjutnya, campurkan biji kopi dengan minyak favoritmu hingga warnanya berubah. Aduh terus minyak diatas api kecil. Dinginkan. Setelah dingin, simpan minyak di wadah dan gunakan di kulit kepala secara rutin.

kopi
Kopi dapat melancarkan sirkulasi darah di kepala. (Foto: beautyhacked)

Scrub

Menggosok tubuh dan kulit wajah sangat penting. Tak hanya itu, menggosok kulit kepala juga ternyata tak kalah penting. Menggosok kulit kepala dapat mematikan sel kulit mati di kepala. Langkah membuat scrub kopi cukup mudah. Hal yang perlu dilakukan adalah campurkan bubuk kopi dan kondisioner yang biasa kau gunakan. Gosok kedua bahan tersebut secara lembut di kulit kepala. Diamkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, bilas dan gunakan shampo mild. Lakukan seminggu sekali untuk hasil maksimal.

Pewarna Rambut Alami

Salah satu masalah yang sering terjadi pada rambut yang tidak sehat adalah warna alami rambut memudar. Sebagai orang Asia, warna rambut kita tentu saja hitam legam. Beberapa hal membuat warna rambut kita berubah menjadi kemerahan. Untuk mengembalikan hitam dan kilau alami rambut, gunakan kopi. Pertama, rebus kopi dan biarkan hingga dingin. Tambahkan 1 sendok makan kopi dan 2 sendok makan kondisioner. Aduk hingga rata. Tuangkan kopi yang telah diseduh ke adonan tersebut dan aduk hingga rata. Aplikasikan bahan tersebut ke kepala dan diamkan selama satu jam. Untuk hasil maksimal gunakan shower cap. Setelahnya, bilas dengan air suhu normal. Jika ingin rambut yang lebih gelap, campurkan lagi 1 sendok makan cokelat bubuk dan lihat perbedaannya.

kopi
Kopi dapat menjadi masker rambut. (Foto: rawpixel/392635)

Masker Rambut

Hair mask menggunakan kopi membawa berbagai manfaat untuk rambut seperti membersihkan kulit kepala, melembutkan, dan memberi kilau pada rambut. Untuk membuat masker rambut, gunakan 2 sendok makan kopi bubuk, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan minyak zaitun. Campurkan ketiga bahan hingga menjadi pasta. Oleskan ketiga bahan ke rambut dan kulit kepala dan pijat secara perlahan. Diamkan selama satu jam. Selanjutnya bilas dengan shampo.

Kondisioner

Tak ada kondisioner di rumah? Jadikan kopi di rak dapurmu sebagai kondisioner. Kondisioner alami ini bahkan dapat membuat rambut terlihat semakin berkilauan. Caranya rebus kopi. Diamkan hingga dingin. Siram ke kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Selanjutnya, bilas dengan air normal. Gunakan dank au akan melihat hasilnya, rambutmu terlihat lebih lembut.

Dengan melakukan langkah di atas secara rutin, kita akan mendapatkan rambut yang indah dan menawan. Kini, kopi tak hanya meningkatkan mood dan semangat tetapi juga meningkatkan keindahan rambut. (avia)

Kredit : iftinavia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH