Kopi Meminimalisir Risiko Kanker Kopi memiliki ratusan senyawa biologi yang memberikan manfaat pencegahan kanker. (Foto: Pixabay/Christoph)

KOPI disukai umumnya oleh kebanyakan orang. Pada pagi dan sore hari seperti menjadi keharusan dikonsumsi. Setelah meminum kopi seolah mendapatkan energi baru untuk menjalankan aktivitas berikutnya.

Kopi dikenal juga memiliki zat antioksidan yang diyakini mampu melawan sel-sel kanker. Menurut laman Mirror, American Cancer Society menyarankan agar meminum kopi untuk menurunkan risiko kanker liver, endomentrial (kanker rahim). mulut, pharinx dan larynx dan kulit.


Baca Juga:

Canda, Tawa, Hingga Cinta dari Secangkir Kopi

kopi
Kppi mampu menurunkan risiko kanker. (Foto: MP/Leonard GI)


American Cancer Society mengeluarkan pedoman baru yang salah satunya adalah menyarankan minum kopi. Pedoman yang dikeluarkan berdasarkan penelitian yang dikepalai oleh Dr Cheryl Rock menyebutkan bahwa kopi menyumbangkan penurunan risiko dari kanker pencernaan.

Para peneliti terus terang mengakui bahwa bahwa dampak perlindungan yang diberikan oleh kopi masih belum dipahami betul oleh mereka. Mereka menyebutkan mereka menemukan ratusan senyawa biologi termasuk kafein, flavanoid, lignan dan polyphenol dalam kopi yang disangrai.


Baca Juga:

Cerita Barista Asuh Nabila Sintya Dewi, Saat Nge-Shift Pengunjung Enggak Ada Putusnya!

kopi
Minum kopi sebaiknya dalam temperatur bersahabat. (Foto: Pixabay/moritz320)


Para peneliti menyebutkan senyawa kopi bermanfaat melindungi kerusakan sel dan metastasis, memiliki anti radang, mengatur gen yang bertanggungjawab pada perbaikan DNA dan meningkatkan energi.

Dalam laman Mirror, kopi mempengaruhi waktu transit kanker yang ada di usus dan liver. Karena itulah kopi sangat menyumbangkan penurunan risiko kanker pencernaan.

Meskipun demikian para peneliti menyarankan meminum kopi pada temperatur bersahabat alias jangan terlalu panas. Mereka mengatakan bahwa meminum kopi atau teh dengan suhu di atas 65 derajat celsius akan menaikan risiko kanker kerongkongan. (psr)


Baca juga:

Kopi Enak Indonesia: Coffee Shop Dapat Banyak Hal Positif dari Barista Asuh

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH