Teknologi
Kopi Krintji Hadirkan Teknologi Metaverse untuk Pengalaman Ngopi Unik Teknologi meningkatkan pengalaman di kafe. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

DIGITALISASI membawa banyak perubahan pada gaya hidup kita. Salah satunya dengan adanya teknologi metaverse. Kehadiran teknologi ini menginspirasi berbagai sektor usaha dan UMKM untuk menggali potensi yang dapat dikembangkan dalam platform digital ini, salah satunya kedai kopi Kopi Krintji.

Kedai kopi yang sudah berdiri sejak 2017 ini berkolaborasi dengan perusahaan teknologi augmented reality WIR Group untuk mengembangkan layanan dan memberikan pelanggannya pengalaman digital terbaik. Teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk ngopi dengan cara yang unik.

Bentuk kerjasama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh pemilik Kopi Krintji, Anita Sukarman dan Chief Marketing Officer CMO WIR Group Gupta Sitorus di bilangan Jakarta Selatan, Rabu (20/4).

Metaverse memberikan inovasi ngopi. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

"Penggunaan teknologi digital metaverse memungkinkan kami melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan potensi yang kami miliki baik dalam pemasaran maupun layanan yang memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami," ujar Anita setelah penandatanganan kerjasama tersebut.

Dengan mengadopsi teknologi digital metaverse, Anita berharap dapat meningkatkan strategi Kopi Krintji dalam mengembangkan usaha menghadapi kompetisi. "Teknologi metaverse memungkinkan kami melakukan berbagai inovasi dan pengembangan usaha serta layanan sesuai dengan perkembangan industri kopi yang telah menjadi gaya hidup masyarakat," papar Anita.

Di sisi lain, Anita melihat bahwa Indonesia punya potensi besar di industri kopi namun tidak berkembang secara sempurna. Metaverse berpotensi meningkatkan industri kopi lokal ke level global. "Melalui teknologi metaverse, kami berharap dapat mendorong brand lokal yang lebih berkualitas dan dapat menembus pasar lokal dan global," ujar Anita

"Kami juga melihat potensi trickle down effect jika kami dapat membuka pasar yang luas baik lokal maupun global membantu petani kopi dan industri terkait untuk memperoleh benefit," urainya.

Sementara itu, Gupta mengatakan metaverse akan menjadi pintu gerbang yang membawa manusia merasakan berbagai pengalaman digital dan menjadi platform untuk menyerap tenaga kerja baru. "Kami meyakini metaverse bisa menjadi kekuatan pendorong untuk menciptakan generasi baru dalam bentuk ekosistem digital," ujar Gupta.

Penandatanganan MoU antara Kopi Krintji dan Wir Group. (Foto: merahputih.com/Iftinavia Pradinantia)

"MoU ini juga perwujudan bahwa semua pihak bisa mengambil manfaat dari kehadiran metaverse ini, baik korporasi sampai UMKM," tutur Gupta.

Menurut Gupta, kunci yang penting adalah keinginan dan kesadaran dari pemilik usaha untuk mau melakukan transformasi digital untuk usahanya agar tetap berada dalam jalur kompetisi yang semakin ketat di masa depan.

"Ke depannya kami berharap bahwa platform yang sedang kami garap ini bisa menjadi bagian dari ekosistem platform metaverse yang lebih besar dan bisa disejajarkan dengan platform metaverse negara-negara lain," tukasnya. (avia)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kota Kelahiran Virgil Abloh Tetapkan 1 Desember Jadi 'Virgil Abloh Day'
ShowBiz
Kota Kelahiran Virgil Abloh Tetapkan 1 Desember Jadi 'Virgil Abloh Day'

Walikota Rockford, Tom McNamara mengumumkan hal tersebut lewat upacara khusus.

Ini Cara Meraih Kuku yang Kuat dan Sehat Menurut Ahli
Fun
PT Piaggio Indonesia Tawarkan Pengalaman Berkendara Premium Selama Ramadan
Hiburan & Gaya Hidup
PT Piaggio Indonesia Tawarkan Pengalaman Berkendara Premium Selama Ramadan

Pelanggan akan mendapatkan voucer belanja senilai Rp 20 juta untuk setiap pembelian unit Piaggio dan Vespa.

Susu Kentang, Susu Nabati yang Tengah Tren
Fun
Susu Kentang, Susu Nabati yang Tengah Tren

Susu kentang, anggota terbaru dari keluarga susu nabati, riuh dibicarakan internet.

Intip Fitur Menarik iPhone 13
Fun
Intip Fitur Menarik iPhone 13

Fitur terbaru iPhone sangat mumpuni.

Inspirasi Bunga untuk Orang Spesial di Hati
Fun
Inspirasi Bunga untuk Orang Spesial di Hati

Kamu bisa menunjukan perasaanmu melalui setangkai bunga agar lebih bermakna.

Wajah Kucing Aktris Korea
ShowBiz
Wajah Kucing Aktris Korea

Warga Korea Selatan suka membandingkan fitur wajah tertentu dengan hewan tertentu.

Anggun dan Raline Tampil Cantik di Cannes Film Festival
ShowBiz
Anggun dan Raline Tampil Cantik di Cannes Film Festival

Dihadiri oleh lebih dari 12.500 pelaku industri film profesional.

Mengulik Manfaat Vitamin D
Fun
Mengulik Manfaat Vitamin D

Vitamin yang dapat mencegah virus menginfeksi tubuh.

Al Gusto JHL Solitaire Rilis Menu Tomahawk, Cuma Ada di Serpong!
Kuliner
Al Gusto JHL Solitaire Rilis Menu Tomahawk, Cuma Ada di Serpong!

Al Gusto JHL Solitaire Hotel menghadirkan steak Tomahawk.