Teknologi
Kopi Krintji Hadirkan Teknologi Metaverse untuk Pengalaman Ngopi Unik Teknologi meningkatkan pengalaman di kafe. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

DIGITALISASI membawa banyak perubahan pada gaya hidup kita. Salah satunya dengan adanya teknologi metaverse. Kehadiran teknologi ini menginspirasi berbagai sektor usaha dan UMKM untuk menggali potensi yang dapat dikembangkan dalam platform digital ini, salah satunya kedai kopi Kopi Krintji.

Kedai kopi yang sudah berdiri sejak 2017 ini berkolaborasi dengan perusahaan teknologi augmented reality WIR Group untuk mengembangkan layanan dan memberikan pelanggannya pengalaman digital terbaik. Teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk ngopi dengan cara yang unik.

Bentuk kerjasama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh pemilik Kopi Krintji, Anita Sukarman dan Chief Marketing Officer CMO WIR Group Gupta Sitorus di bilangan Jakarta Selatan, Rabu (20/4).

Metaverse memberikan inovasi ngopi. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

"Penggunaan teknologi digital metaverse memungkinkan kami melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan potensi yang kami miliki baik dalam pemasaran maupun layanan yang memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami," ujar Anita setelah penandatanganan kerjasama tersebut.

Dengan mengadopsi teknologi digital metaverse, Anita berharap dapat meningkatkan strategi Kopi Krintji dalam mengembangkan usaha menghadapi kompetisi. "Teknologi metaverse memungkinkan kami melakukan berbagai inovasi dan pengembangan usaha serta layanan sesuai dengan perkembangan industri kopi yang telah menjadi gaya hidup masyarakat," papar Anita.

Di sisi lain, Anita melihat bahwa Indonesia punya potensi besar di industri kopi namun tidak berkembang secara sempurna. Metaverse berpotensi meningkatkan industri kopi lokal ke level global. "Melalui teknologi metaverse, kami berharap dapat mendorong brand lokal yang lebih berkualitas dan dapat menembus pasar lokal dan global," ujar Anita

"Kami juga melihat potensi trickle down effect jika kami dapat membuka pasar yang luas baik lokal maupun global membantu petani kopi dan industri terkait untuk memperoleh benefit," urainya.

Sementara itu, Gupta mengatakan metaverse akan menjadi pintu gerbang yang membawa manusia merasakan berbagai pengalaman digital dan menjadi platform untuk menyerap tenaga kerja baru. "Kami meyakini metaverse bisa menjadi kekuatan pendorong untuk menciptakan generasi baru dalam bentuk ekosistem digital," ujar Gupta.

Penandatanganan MoU antara Kopi Krintji dan Wir Group. (Foto: merahputih.com/Iftinavia Pradinantia)

"MoU ini juga perwujudan bahwa semua pihak bisa mengambil manfaat dari kehadiran metaverse ini, baik korporasi sampai UMKM," tutur Gupta.

Menurut Gupta, kunci yang penting adalah keinginan dan kesadaran dari pemilik usaha untuk mau melakukan transformasi digital untuk usahanya agar tetap berada dalam jalur kompetisi yang semakin ketat di masa depan.

"Ke depannya kami berharap bahwa platform yang sedang kami garap ini bisa menjadi bagian dari ekosistem platform metaverse yang lebih besar dan bisa disejajarkan dengan platform metaverse negara-negara lain," tukasnya. (avia)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kunjungan ke Museum Seni Bisa Tingkatkan Suasana Hati
Fun
Kunjungan ke Museum Seni Bisa Tingkatkan Suasana Hati

Studi baru menjelaskan mengonsumsi karya seni di museum dapat membantu mengurangi stres.

IBC 2022 Hari Pertama Berlangsung Ketat
Fun
IBC 2022 Hari Pertama Berlangsung Ketat

Sebanyak 17 dari total 31 peserta telah bertanding.

Memilih Bahan Hijab Nyaman dan Bebas Gerah
Fashion
Memilih Bahan Hijab Nyaman dan Bebas Gerah

Kenali lima bahan hijab yang nyaman dipakai dan bebas gerah

The Whale Pecahkan Rekor Box Office Indie 2022
ShowBiz
The Whale Pecahkan Rekor Box Office Indie 2022

Fraser harus berpenampilan gemuk.

Wajib Coba nih, 5 Roti Bebas Gluten dari India
Kuliner
Wajib Coba nih, 5 Roti Bebas Gluten dari India

Mereka yang bermasalah dengan gula darah amat disarankan untuk mengonsumsi makanan bebas gluten.

Fakta Unik Si Imut Sugar Glider
Fun
Fakta Unik Si Imut Sugar Glider

Masih banyak lagi yang bisa dipelajari tentang makhluk kecil ini

Festival Djakarta Warehoue Project Selama 3 Hari Berlangsung Sukses
ShowBiz
Gaharnya Kawasaki KLX230S dan KLX230SM
Fun
Gaharnya Kawasaki KLX230S dan KLX230SM

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan dua motor teranyarnya bagi para konsumen di Tanah Air

Timnas Rusia Tak Akan Hadir di 'FIFA 23'
Fun
Timnas Rusia Tak Akan Hadir di 'FIFA 23'

Klub dan liga sepak bola Rusia juga ditiadakan.

Bila Kuliner Khas Indonesia Diibaratkan Superhero Marvel
ShowBiz