Kopi Khas Indonesia yang Mendunia Kopi memberikan sensasi kenikmatan peminumnya. (Foto: Pixabay/foundry)

KOPI merupakan minuman yang memiliki kandungan kafein dan biasanya dinikmati pada saat bekerja dan bersantai. Setiap kopi memiiki keunikan cita rasa tersendiri tergantung dari daerah dan negara asalnya.

Kopi yang digandrungi saat ini merupakan kopi asal Panama yang menjadi primadona dunia. Namun kopi asal Indonesia juga tidak kalah bersaing di dunia dengan kopi asal Panama.


Baca Juga:

Kisah Kopi, Bukan Sekadar Kedai Kopi


1. Kopi Luwak

kopi
Kopi luwak yang menjadi salah satu ciri khas Indonesia. (Foto: maxicoffee)

Kopi ini bisa dibilang merupakan kopi yang kehadirannya tidak disadari menjadi kopi termahal dunia saat itu. Pada awalnya kopi luwak dikonsumsi oleh orang Indonesia yang pada masa kolonial. Karena pada saat itu biji kopi hanya dapat dinikmati oleh kalangan elit. Kemudian orang Indonesia mengakalinya dengan membuat kopi dari sisa-sisa kotoran luwak. Tidak disangka, kopi dari kotoran luwak ternyata memiliki cita rasa yang khas.

Dari situlah awal mula kopi luwak hadir. Saat ini kopi luwak berhasil menyabet gelar sebagai kopi termahal di dunia dengan harga Rp 100-300 ribu percangkirnya dan Rp 1 juta keatas untuk perkilonya. Kopi luwak saat ini digemari di seluruh penjuru dunia karena rasanya yang unik karena telah melewati fermentasi saat berada di perut Luwak.


2. Kopi Toraja

kopi
Kopi Toraja dikenal dengan nama kopi Celebes. (Foto: visittoraja)

Kopi dengan julukan Celebes ini berhasil masuk ke pasar dunia karena rasanya yang unik. Kopi ini berhasil memasuki pasar Jepang dan Amerika sebagai tujuan utama kopi ini. Kopi ini tidak memiliki kadungan asam yang tinggi dan memiliki ciri khas earthy yang disukai oleh masyarakat Jepang dan Amerika.


Baca Juga:

Kopi Gayo, Saksi Bisu Kekuasaan Belanda di Dataran Tinggi Gayo

3. Kopi Gayo

kopi
Kopi Gayo dari dataran tinggi. (Foto: tripadvisor)

Kopi asal dataran tinggi Gayo, Aceh ini berhasil memasuki pasar internasional dengan ciri khasnya yang asam namun seimbang. Yang menjadi faktor keunikan dari kopi Gayo adalah tempat asal dari kopi ini, yaitu dataran yang cukup tinggi, membuatnya memiliki ciri khas yang tidak dimiliki kopi lain.

Untuk masyrakat Gayo sendiri, mereka memiliki cara tersendiri dalam menikmati kopi ini, yaitu dengan direbus dan bukan diseduh.


4. Kopi Kintamani

kopi
Kopi kintamani yang sukses di Jepang hingga negara Arab (Foto: Kintamani.id)

Kopi asal Bali ini juga sukses di pasar internasional. Kesuksesannya berhasil sampai ke negara seperti Jepang, Eropa dan beberapa negara di Arab. Ciri khas dari kopi ini adalah memiliki dominasi asam citrus segar dan memiliki aroma wangi bunga yang digandrungi negara luar. (jhn)

Baca Juga:

4 Fakta Unik tentang Geisha, Kopi Fenomenal dan Salah Satu yang Termahal di Dunia


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH