Kopi Gayo Indonesia Dipromosikan di Amerika Serikat

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 22 April 2018
Kopi Gayo Indonesia Dipromosikan di Amerika Serikat
Specialty Coffee Association (SCA) Coffee Expo di Seattle, Amerika Serikat. Foto: Ist

MerahPutih.com - Kementerian Perdagangan mempromosikan Kopi Gayo Indonesia di ajang ajang pameran kopi spesialty terbesar di dunia bertajuk Specialty Coffee Association (SCA) Coffee Expo di Seattle, Amerika Serikat.

SCA Coffee Expo merupakan ajang pameran kopi spesialty terbesar di dunia. Even ini mempertemukan para pelaku bisnis kopi dari berbagai negara di belahan dunia mulai dari produsen, pembeli, dan industri pengolahan kopi.

Sementara bagi para produsen kopi dari berbagai negara diberi kesempatan memamerkan biji kopi unggulannya di masing-masing stand yang disediakan.

Turut hadir Bupati Bener Meriah, Ahmadi dan Bupati Gayo Lues, Muhammad Amru. Keduanya ikut mempromosikan kopi gayo. Kasubag Protokoler Humas Kabupaten Bener Meriah, Ruslan Ramadhan, sebagaimana dilansit Antara, menyampaikan, kopi Gayo akan dipamerkan di Stand Pemerintah Aceh selama even tersebut berlangsung.

Biji kopi. Foto: Ist

Kedua pimpinan daerah penghasil kopi Arabika ini bergabung dengan delegasi produsen kopi Gayo dalam pameran yang berlangsung di gedung Washington Convention Center mulai 19 sampai 22 April 2018.

Stand disiapkan dengan berbagai perlengkapan uji cita rasa agar setiap pengunjung yang datang dapat menguji kualitas kopi Arabika Gayo yang dipamerkan di sana.

Delegasi Indonesia juga menyiapkan materi-materi promosi untuk kesempatan melakukan pertemuan langsung dengan calon pembeli dalam upaya peningkatan ekspor kopi Arabika Gayo di pasar dunia.

Bupati Bener Meriah Ahmadi dan Bupati Gayo Lues Muhammad Amru juga telah melakukan pertemuan bisnis dengan Vice President Starbuck membahas kerjasama perdagangan kedua belah pihak.

Kopi Gayo. Foto: ist

Delegasi Indonesia sendiri diwakili oleh lima produsen kopi dari Dataran Tinggi Gayo, masing-masing yakni Koperasi Arinagata, PT Meukat Komuditi Gayo, PT Orangutan Coffee Lestari, Koperasi Redelong Organik, dan Koperasi Kopi Wanita Gayo.

Turut hadir pula dalam rombongan delegasi yaitu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Aceh, Iskandar, Kepala Dinas Pariwisata Aceh Amiruddin, dan Atase Perdagangan Indonesia untuk Amerika, Reza Pahlevi.

Ikut serta di Indonesian Specialty Coffee

Setelah mengikuti ajang SCA di Seattle, TPSA akan memboyong kelima produsen kopi Arabika Gayo tersebut untuk barpartisipasi dalam Indonesian Specialty Coffee. Acara ini dilaksanakan di kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver Kanada, pada 24-25 April 2018. Acara juga akan dimeriahkan dengan program bincang-bincang dan coffee tasting.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan menambahkan, kegiatan pameran Indonesian Specialty Coffee ini akan menghubungkan para produsen kopi Gayo mitra TPSA Kanada dengan para pengolah kopi dan importir Kanada.

Kopi Gayo. Foto: ist

"Pameran ini merupakan ajang tukar informasi dan promosi kopi arabika Gayo dan beragam kopi-kopi Indonesia lainnya. Melalui kegiatan ini, diharapkan kopi Arabika Gayo akan mendapat peluang ekspor langsung ke Vancouver," ujarnya dalam siaran persnya di Jakarta.

Kopi Arabika Gayo terpilih sebagai komoditas sasaran TPSA karena potensinya yang kuat untuk ekspor ke pasar Kanada. Indonesia menduduki peringkat ke-6 sebagai pemasok kopi terbesar ke Kanada, menyumbang 5,1% dari pangsa pasar impor Kanada.

Total pangsa pasar impor Kanada dalam kurun waktu 10 tahun tumbuh berlipat ganda yaitu USD 320 juta pada tahun 2006 menjadi USD 623 juta pada tahun 2016. Rata-rata pertumbuhannya dalam setahun mencapai 6,9%. (*)

#Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan