Kopi Bakal Punah di Tahun 2080, Bersiaplah! Kopi mengalami ancaman kepunahan akibat peruahan iklim. (Foto: the new york time)

TERKADANG informasi memiliki koneksi yang tidak terduga sebelumnya. Perubahan iklim yang sudah berlangsung lebih dari satu dekade ini memberikan dampak pada semua yang ada di bumi. Termasuk kopi! Mengapa kopi ikut terdampak?

Ini bisa jadi berita buruk bagi pecinta kopi. Menurut laporan Climate Institute yang dituliskan oleh lifehack, kopi akan punah di tahun 2080. Perubahan iklim ini mempengaruhi cuaca tempat kopi tumbuh. Perusahaan besar maupun tempat ngopi terkenal pun sudah menyadarinya sejak lama.

Ancaman ini sangat serius meskipun tidak disadari oleh semua orang. Industri kopi, perkebunan, petani dan penikmat kopi menjadi korban dari perubahan iklim dunia. Nilai industri kopi lebih dari 252 trilyun rupiah dan 2 milyar cangkir kopi per tahun akan lenyap seketika. Yang sudah memngalami dampak dari perubahan iklim saat ini adalah Meksiko, Amerika Tengah, Kolombia, Brazil, Tanzania, Ethiopia dan Vietnam.

Jenis kopi yang mulai memperlihatkan dampak akibat dari perubahan iklim adalah arabika dan konefora. Tanaman kopi sangat terpengaruh pada perubahan suhu. Jadi perubahan suhu setengah derajat pada waktu yang tidak tepat sudah dapat mengubah keseluruhan panen biji kopi seperti aroma dan rasanya.Kenaikan suhu udara dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan pohon kopi bahkan merusak biji kopinya. Jalan yang diambil saat ini adalah memindahkan perkebunan kopi ke dataran yang lebih tinggi.

Perubahan iklim juga memunculkan penyakit yang menyerang tanaman kopi. Laman lifehack menuliskan di tahun 2012 muncul penyakit yang merusak daun tanaman kopi. Penyakit itu muncul karena suhu yang semakin hangat di dataran tinggi. Termasuk di tahun yang sama muncul penyakit yang melubangi buah kopi. (psr)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH