Kopaska Latih Tim Reaksi Cepat dan Kapal Japan Cost Guard Tanggulangi Kejahatan Laut Suasana Tactical Floor Game di atas KN Tanjung Datu (Puspen TNI)

Merahputih.com - Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla RI siap ikuti latihan penanggulangan tindak kejahatan di laut dengan Japan Coast Guard. Kesiapan operasi tim URCL dimatangkan dalam kegiatan Tactical Floor Game (TFG) yang digelar di Lounge Room pasukan, KN. Tanjung Datu, yang bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/7).

Guna mendukung suksesnya operasi dan latihan, Tim URCL Bakamla melibatkan tiga orang pelatih personel pasukan khusus laut TNI AL, dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada I. Tiga Personil pelatih dari Kopaska dipimpin Komandan Kompi Markas Satkopaska Koarmada I Kapten Laut (P) Edy Tirtayasa.

Kapten Laut (P) Edy Tirtayasa akan menyampaikan materi latihan sekaligus memberikan pembekalan kepada Tim URCL mengenai prosedur pengamanan personel saat melakukan pemeriksaan kapal, taktik dan manuver pemeriksaan kapal Ship Boarding, pergerakan di kapal Ship Movement, serta penanganan tawanan atau Personal Handling.

Kopaska (Flickr)

Dalam latihan bersama ini, rencananya Tim URCL Bakamla RI akan diperkuat oleh gabungan tim dari Pol Air, KKP dan KPLP. Aksi manuver laut akan dilakukan dibawah kendali Kasi Operasi Keamanan Laut Bakamla RI Mayor Laut (T) Puadi Hasani. Adapun pergerakan yang akan dilakukan bersama dengan kapal Japan Coast Guard Ship (JCGS) Tsugaru PLH 02.

"antara lain Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) dengan target pemeriksaan dan penggeledahan terhadap kapal yang yang diduga menangangkut Narkoba di wilayah perairan Yurisdiksi nasional," kata Puadi dalam keterangannya, kamis (12/7). (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH