Koordinasi Kemenhub dan Korlantas Polri Jelang Mudik Lebaran 2018

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 30 Mei 2018
Koordinasi Kemenhub dan Korlantas Polri Jelang Mudik Lebaran 2018
Kepadatan kendaraan jalur tol Cikampek menurun dibanding pada Sabtu (2/7) yang diperkirakan sebagai puncak arus mudik. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

MerahPutih.com - Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk menghadapi arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2018. Sinergi kedua instansi tersebut demi terciptanya kenyamanan dan keamanan pemudik.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub Baitul Ihwan mengungkapkan, pihaknya sudah jauh-jauh hari melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk Korlantas Polri untuk mengantisipasi arus mudik lebaran.

"Koordinasi dengan Korlantas pasti, polisi juga tentu melibatkan Kemenhub dan Dishub begitu juga sebaliknya, kita atur koordinasinya pada prinsipnya sudah siap," kata Baitul Ihwan kepada merahputih.com, Rabu (31/5).

Bahkan, koordinasi itu sudah pada tahap berbagi tugas, baik di lapangan maupun pada sarana dan prasarana.

arus mudik. (ANTARA FOTO/Aditya Putra)

"Jadi di lapangan yang menjadi komando ada kepolisian. Dinas perhubungan tetap dibawah komando Kepolisian dan kita mensuport sisi aspek manajemen dan aturan yang diterapkan kepolisian," terang dia.

Misalnya, terjadi kesemrawutan di lapangan, maka itu menjadi tanggungjawab penuh pihak kepolisian. Pihak kepolisian berhak mengeluarkan aturan atau kebijakan untuk menertibkan kondisi di lapangan.

Sementara Dishub berperan mempersiapkan sarananya, baik udara, laut, darat, maupun perkeretaapian, hal itu menjadi tanggungjawab penuh Kemenhub dan jajarannya untuk menyiapkan kecukupan angkutan lebaran.

"Itu sudah kesepakatan yang diatur UU atau kesepakatan dalam rapat koordinasi agar tidak terjadi dualisme kepemimpinan di lapangan," ucap Ihwan.

Sejumlah kendaraan pemudik memadati gerbang tol Cipali-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, 21 Juni 2017. Memasuki H-4 Lebaran, arus mudik di tol Cipali terpantau padat. ANTARA FOTO

Terkait persiapan sarana dan prasarana arus mudik 2018, Ihwan menegaskan pemerintah sudah siap, tinggal bagaimana implementasinya di lapangan nanti.

"Dalam waktu dekat ini Kemenhub bersama Korlantas, KemenPUPR, dan instansi lainnya akan melakukan pengecekan terakhir dalam menyambut mudik lebaran, dalam minggu ini," pungkasnya. (Fdi)

#Kemenhub #Korlantas #Arus Mudik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan