Kontroversi Rencana Mendagri untuk Plt Gubernur, Begini Penjelasan Pakar

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Selasa, 30 Januari 2018
Kontroversi Rencana Mendagri untuk Plt Gubernur, Begini Penjelasan Pakar
Mendagri Tjahjo Kumolo mengikuti rapat kerja dengan pansus RUU Pemilu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Polemik penunjukan Perwira Tinggi (Pati) Polri sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur menuai kontroversi. Mendagri Tjahjo Kumolo berencana menunjuk Irjen Pol M. Iriawan sebagai Plt Gubernur Jabar dan Irjen Pol Martoani Sormin sebagai Plt Gubernur Sumut.

Menanggapi hal itu, Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis menilai, rencana Kemendagri untuk mengangkat Pati Polri sah secara hukum.

"Saya berpendapat sah, nggak ada yang salah dari segi hukumnya kecuali Anda berbicara dari segi politik, itu satu. yang kedua dari Kementerian mana pun Aparatur Negara dibenarkan menduduki pejabat gubernur," katanya kepada awak media, Selasa (30/1).

Meski begitu, Margarito tidak sependapat jika penunjukan dikarenakan soal keamanan, mengingat Polisi dan TNI di daerah tersebut sudah ada untuk melaksanakan pengamanan.

"Saya minta kepada pemerintah, khususnya Kemendagri agar tidak menggunakan alasan keamananan menujuk orang-orang itu, karena di daerah-daerah itu ada polisi dan TNI, saya tidak yakin mereka tidak bekerja mengelola keamanan masyarakat," ujar dia.

Oleh sebab itu, dia menyarankan agar pemerintah memberikan alasan tepat terkait penunjukan tersebut.

"Carilah alasan lain dan bukan alasan keamanan sebab alasan keamanan itu terlalu gampang dimentahkan," ucapnya.

Sejumlah Gubernur akan segera mengakhiri masa jabatan bertepatan dengan perhelatan Pilkada Serentak 2018. Diantaranya, Jabar dan Sumut.

Untuk mengisi kekosongan pemerintahan, Mendagri diharuskan menunjuk pejabat sementara hingga menghasilkan Gubernur baru. (Fdi)

Baca juga berita terkait: Begini Respons Irjen Pol M. Iriawan Soal Rencana Dirinya Jadi Plt Gubernur Jabar

#Margarito Kamis #Mochammad Iriawan #Irjen Polisi M Iriawan #Tjahjo Kumolo #Mendagri Tjahjo Kumolo
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan