Kontroversi Metode Oil Cleansing yang Viral di Tiktok Hati-hati saat melakukan oil cleansing (Foto: Pexels/Pixabay)

METODE membersihkan wajah dengan oil cleansing sedang viral di Tiktok. Cara ini dianggap efektif sekaligus berbahaya jika menggunakan minyak yang salah.

Masih sedikit informasi serta penelitian khusus tentang metode oil cleansing dan jenis-jenis minyak yang tepat untuk membersihkan kulit wajah. Akibatnya sebagian orang malah mengalami masalah kulit seperti breakout dan jerawat membandel setelah melakukan metode oil cleansing.

Baca juga:

Kesalahan Perawatan Kulit Wajah yang Membuat Pori-pori Membesar

Melansir dari holisticsquid.com, minyak khusus perawatan wajah memang mampu membantu memecahkan kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori.

Selama dilakukan dengan teknik yang tepat, minyak tidak akan berbahaya bagi kulit wajah. Namun, tidak semua jenis kulit berjodoh dengan metode oil cleansing. Yuk simak fakta-fakta seputar metode oil cleansing berikut ini:

1. Tidak semua cocok

Cari tahu jenis kulit serta kebutuhannya terlebih dahulu. (Foto: Pixabay/RobinHiggins)

Konsultasi ke dokter kulit terlebih dulu sebelum memutuskan untuk mencoba metode oil cleansing. Karena kondisi kulit setiap orang tidak ada yang sama dan membutuhkan perawatan yang pastinya berbeda.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kemungkinan besar kulitmu akan mengalami proses purging (penyesuaian kulit) sebelum akhirnya benar-benar bersih dan mulus.

2. Alergi parah

Beresiko menyebabkan alergi. (Foto: Pixabay Kjerstin_Michaela)

Metode ini bisa berubah menjadi mimpi buruk jika ternyata kamu alergi terhadap beberapa jenis minyak. Efeknya bisa berupa breakout yang memenuhi kulit wajah hingga pengelupasan lapisan epidermis.

Baca juga:

Cantik, 'Skin Care' Emma Watson Tak Sampai Rp100 ribu!

3. Perhatikan beberapa jenis minyak

Tidak semua jenis minyak bisa digunakan. (Foto: Pixabay/JillWellington)

Jangan pernah ambil minyak di dapur untuk membersihkan wajah ya sist, bahaya. Tidak semua jenis minyak aman untuk lapisan kulit.

Kesalahan utama pada metode cleansing oil ialah pemilihan jenis minyak yang tidak sesuai dengan kondisi kulit pribadi. Beberapa jenis minyak yang dinilai aman untuk oil cleansing antara lain minyak argan, almond, biji anggur, dan zaitun.

4. Cara melakukan oil cleansing

Perhatikan teknik melakukan oil cleansing. (Foto: Pixabay office469)

Ketika kamu sudah yakin dan memilih produk yang tepat, metode oil cleansing kemungkinan akan berhasil dilakukan. Ambil beberapa tetes minyak kemudian oleskan ke permukaan kulit wajah selama lima sampai 15 menit sambil dipijit-pijit secara perlahan.

Setelah beberapa waktu kamu akan merasakan oil plugs yang keluar melalui pori-pori. Oil plugs bisa menyebabkan timbulnya jerawat jika tidak segera dibersihkan. Selamat mencoba. (mar)

Baca juga:

Cantik dan 'Glowing' yang Tak Mahal



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH