Selebritas

Kontroversi di Balik Nama Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 14 Juni 2021
Kontroversi di Balik Nama Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan
Pangeran Harry dan Meghan beserta anak keduanya. (Foto: Daily Mail)

BARU beberapa hari lalu mengumumkan arti nama anak keduanya yang diambil dari Ratu Elizabeth, Pangeran Harry dan Meghan Markle sudah terlibat kontroversi dengan BBC. Bahkan timbul ancaman tindakan hukum mengenai apakah mereka telah berkonsultasi dengan sang penguasa sebelum memilih nama itu.

Mengutip Reuters, Harry dan Meghan mengumumkan putri mereka yang lahir di RS Santa Barbara Cottage, California, diberi nama Lilibet Diana Mountbatten-Windsor. Nama Lilibet diambil dari nama panggilan Ratu Elizabeth di keluarga dan pertama kali digunakan ketika Ratu masih balita.

Kakeknya, Raja George V, membuat panggilan sayang Lilibet dengan maksud mengatakan Elizabeth. Sejak saat itu, Lilibet menjadi nama panggilan kesayangan untuk Ratu Elizabeth di keluarga.

Beberapa komentator kerajaan mengatakan langkah itu seolah menjadi uluran perdamaian bagi keduanya setelah wawancara dengan Oprah Winfrey yang sempat heboh. Dalam wawancara tersebut mereka menuduh anggota kerajaan melontarkan pernyataan rasis dan istana mengabaikan bantuan Meghan ketika merasa ingin bunuh diri.

Baca juga:

Meghan Markle Melahirkan Anak Kedua

Kontroversi di Balik Nama Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan
Anak pertama mereka, Archie. (Foto: Showbiz Cheat Sheet)

Namun BBC melaporkan, Harry dan Meghan belum meminta izin dari Elizabeth sebelum memilih nama itu. Sedangkan pasangan itu mengatakan ratu adalah anggota keluarga pertama yang mereka hubungi.

“Selama percakapan itu, Harry mengungkapkan harapan untuk menamai putri mereka Lilibet sebagai penghormatan. Jika ratu tidak mendukung, mereka tidak akan menggunakan nama itu,” kata sumber istana.

Pengacara Duke dan Duchess kini telah mengirim surat ke beberapa organisasi media yang mengatakan artikel BBC itu tidak benar. Istana Buckingham sampai saat ini tidak memberikan komentar. Ratu telah mengeluarkan pernyataan berisi ungkapan kebahagian atas kelahiran anak kedua Harry-Meghan, begitu pula dengan Pangeran William dan istrinya Kate.

Baca juga:

Lilibet Diana, Cicit Pertama Ratu Elizabeth II yang Lahir di Luar Inggris

Kontroversi di Balik Nama Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan
Ratu merasa bahagia atas kelahiran anak kedua Harry-Meghan. (Foto: The List)


Seperti anak pertamanya, Archie, Lili tidak diizinkan memiliki gelar putri atau HRH karena keduanya terlalu jauh dari mahkota di bawah aturan yang ditetapkan lebih dari 100 tahun yang lalu.

Namun, mereka berhak menerima gelar sebagai putri dan pangeran dari Kerayaan Inggris serta sebutan HRH setelah kematian Ratu atau begitu Pangeran Charles menjadi raja. (and)

Baca juga:

Lilibet Diana, Ini Arti Nama Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle

#Selebritas #Ratu Elizabeth
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan