Headline

Kontroversi Bugis Lanun, Wapres Jusuf Kalla Desak Mahathir Mohamad Minta Maaf

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 07 November 2017
Kontroversi Bugis Lanun, Wapres Jusuf Kalla Desak Mahathir Mohamad Minta Maaf
Wapres Jusuf Kalla (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.Com - Ucapan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad yang menyebut suku Bugis di Malaysia sebagai lanun(perompak) membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut angkat bicara.

Sebagai keturunan Suku Bugis, Wapires Jusuf Kalla meminta Mahathir Mohammad meminta maaf atas hinaan kepada suku Bugis, Sebagaimana diketahui Mahathir Mohamad menuding suku Bugis lanun dalam pidatonya pada 14 Oktober lalu.

Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa dirinya terkejut saat mengetahui pidato Mahathir yang memberiikan pernyataan menghina terhadap rival politiknya dengan menyatakan bahwa Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak adalah perompak karena berasal dari suku Bugis.

"Pertama sebagai orang Bugis saya protes dan terkejut. Maka, Mahathir harus minta maaf. Karena orang Bugis itu bukan hanya ada di Sulawesi Selatan, tapi di seluruh Indonesia, bahkan di Malaysia," kata Jusuf Kalla, di Jakarta, Selasa (7/11).

Wapres JK sebagaimana dilansir Antara menambahkan, Mahathir Mohamad harus meralat pernyataannya tersebut karena dianggap melukai suku Bugis, dan tidak seharusnya pernyataan tersebut dilontarkan dalam pidato Mahathir dalam orasi politiknya di Lapangan Harapan, Petaling Jaya, Kuala Lumpur, Sabtu malam (14/10).

"Mahathir harus meralat, jangan dihubung-hubungkan (soal suku)," ujar Jusuf Kalla, yang keturunan Bugis tersebut.

Dalam pidato politiknya beberapa waktu lalu mantan orang kuat Malaysia itu menyebutkan secara gamblang bahwa etnis keturunan Bugis sebagai pencuri dan penyamun. Setelah muncul pernyataan tersebut, Mahathir mendapatkan berbagai reaksi dan kecaman terutama dari masyarakat keturunan Bugis.

Protes keras disampaikan oleh Persatuan Perpaduan Rumpun Bugis Melayu Malaysia (PPRBMM) di hadapan Yayasan Kepemimpinan Perdana pada 18 oktober 2017, akibat pernyataan Mahathir tersebut. Mereka mendesak Mahathir Mohamad memohon maaf dan menarik balik pernyataannya yang mengatakan Bugis sebagai lanun.(*)

#Perdana Menteri Malaysia Najib Razak #Wapres Jusuf Kalla #Suku Bugis #PM Malaysia
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan