Kontingen Indonesia Tampilkan Budaya Nusantara saat Opening Ceremony SEA Games 2021

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 12 Mei 2022
Kontingen Indonesia Tampilkan Budaya Nusantara saat Opening Ceremony SEA Games 2021
Chef de Mission Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono dan Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. (NOC Indonesia)

MerahPutih.com - Kontingen Indonesia akan memberikan penampilan yang spesial saat upacara pembukaan SEA Games 2021 di Stadion Nasional My Dihn, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5).

Dalam upacara pembukaan tersebut Kontingen Indonesia akan diwakili oleh 30 perwakilan atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) dan dipimpin langsung Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games 2021, Ferry J Kono.

Baca Juga

Wakil Ketua CdM Sebut Indonesia Dirugikan Wasit

Nantinya pada saat defile para atlet dan CdM akan mengenakan pakaian casual (non-formal) dengan balutan warna merah dan putih.

"Defile Kontingen Indonesia nanti akan diwakili oleh perwakilan 30 atletnya ditambah saya selaku CdM dan direncanakan kita akan menggunakan seragam tersendiri yang casual, yang milenial," kata Ferry

"Hal ini untuk merepresentasikan tim Indonesia yang 60 persen (atletnya) adalah junior sehingga tidak terlalu berat, jadi casual saja dengan balutan warna merah putih," sambung Ferry.

Selain itu, Kontingen Indonesia juga akan tetap menampilkan kekayaan budaya Nusantara dalam balutan kostum yang dipakai saat defile nanti.

Baca Juga

SEA Games 2021: Timnas Futsal Indonesia Tahan Imbang Vietnam

"Kemudian masing-masing orang itu akan menggunakan identitas dari kekayaan budaya kita dari 34 provinsi melalui topinya nanti masing-masing."

"Jadi harapannya ini bisa mempromosikan budaya bangsa kita yang kaya itu, di satu sisi menampilkan bahwa casualnya itu menandakan kesederhanaan kita dalam bersosialisasi dengan masyarakat di Asia Tenggara," tutur Ferry Kono.

Untuk pembawa bendera Merah-Putih atau barrier saat defile, Kontingen Indonesia memilih atlet Pelari Gawang peraih medali Perak Asian Games 2018 dan emas SEA Games 2019, Emilia Nova.

"Emilia Nova dari cabang atletik sebagai flag barrier, saya sebagai CdM akan menggunakan baju daerah didampingi dengan beberapa atlet lainnya dengan seragam casual yang tadi sudah saya sampaikan," ucap Ferry Kono. (*/Bolaskor)

Baca Juga

PSSI: Peluang Timnas U-23 Indonesia Melaju Semifinal SEA Games 2021 Terbuka Lebar

#SEA Games #Sea Games 2021
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan