Pemkot Solo Bikin Event Nasional Kontes Ikan Cupang Piala Wali Kota

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 30 Mei 2021
Pemkot Solo Bikin Event Nasional Kontes Ikan Cupang Piala Wali Kota
Ikan cupang jenis pelangi milik salah satu peserta lomba, Sabtu (29/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, terus berupaya keras memulihkan ekonomi dan wisata yang meredup akibat pandemi.

Salah satunya dengan menggelar event nasional kontes ikan cupang bertema "Event Piala Wali Kota Betta Contest Surakarta" di atrium Solo Paragon Mall pada tanggal 11-13 Juni 2021. Pemkot dalam event ini menggandeng komunitas Pecinta cupang lintas genetik (Paculgeni) Solo.

Baca Juga

Dijebak Korban, Pelaku Pencurian 11 Ikan Cupang Seharga Rp4,9 Juta Ditangkap Polisi

Ketua penyelenggara, Endra Sumantri Christo mengatakan, event skala nasional tersebut digelar pertama di Solo dengan tujuan untuk pemulihan ekonomi di Solo akibat pandemi. Event kontes ikan cupang ini digelar dengan standar International Betta Contest (IBC).

"Kami menargetkan sebanyak 2.500 entry ikan cupang akan mengikuti event ini. Sejauh ini baru ada 1.300 peserta yang sudah mendaftar kepada panitia," ujar Endra pada MerahPutih.com, Sabtu (29/5).

Dikatakannya melalui event ini ingin menyatukan pecinta cupang di Soloraya. Selain itu, event ini ikut mendukung program Wali Kota terkait percepatan pembangunan ekonomi dan pariwisata di Solo.

"Event mendapatkan dukungan langsung dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Ini merupakan event kontes ikan cupang pertama yang disupport langsung (Gibran)," katanya.

Komunitas Pecinta cupang lintas genetik (Paculgeni) Solo menggelar event kontes ikan cupang, Sabtu (29/5). (MP/Ismail)
Komunitas Pecinta cupang lintas genetik (Paculgeni) Solo menggelar event kontes ikan cupang, Sabtu (29/5). (MP/Ismail)

Untuk kontes ikan cupang nasional ini, kata dia, digelar secara virtual dan disiarkan langsung di medsos instagram dan youtube panitia. Peserta cukup mengirimkan pada panitia ikan cupang yang ikut dilombakan untuk dinilai para juri.

"Juri event kontes ikan cupang adalah Head Judge Mr Joty Atmadjaja dari Jakarta (praktisi cupang sertifikat IBC)," katanya.

Pelaksanaan event ini, kata dia, sudah mendapatkan izin dari Satgas COVID-19 Solo. Penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan dengan melakukan penyekatan terhadap penonton di lokasi.

"Kami menyiapkan 69 kelas pertarungan kontes ikan cupang dan menyediakan 228 piala," kata dia.

Endra mengatakannya pendaftaran peserta dilakukan secara online. Setelah mendaftar ikan peserta akan diurus oleh official handler yang telah disepakati. Jadi peserta luar kota yang telah mendaftar tidak perlu datang jauh ke lokasi event.

"Event ini memperebutkan gelar Grand Champion yang akan mendapatkan Piala Wali Kota Solo. Event ini juga menyediakan 228 piala dan total hadiah Rp65 juta," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Cupang hingga TikTok-an, 5 Hobi Baru ini Muncul di Masa Pandemi

#Ikan Cupang #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan