Konten Interaktif Investasi Digital Bantu Perkuat Literasi Keuangan Digital MAXMusic di Youtube Mirae Asset Sekuritas (Foto: Mirae Asset)

KEAMANAN data pribadi kini jadi momok. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyebut lebih dari 700 juta serangan siber terjadi di Indonesia pada 2022. Serangan tersebut didominasi ransomware atau malware dengan modus meminta tebusan.

Anomali trafik pada sepanjang 2022, menurut data BSSN, terdapat total 714.170.967 dengan angka serangan paling tinggi terjadi pada Januari dengan angka serangan 272.962.734, lebih dari sepertiga total serangan selama semester pertama 2022. Besaran angka tersebut jadi kendala besar bagi penguatan literasi keuangan digital.

Baca juga:

Nonton 'Mencuri Raden Saleh' Sambil Belajar Investasi Kripto

Data OJK mencatat tingkat inklusi keuangan Indonesia baru mencapai level 76,9 persen pada 2019. Sedangkan, tingkat literasi keuangan masih relatif rendah di posisi 38,03 persen. Bahkan, indeks literasi digital masih 3,49 persen.

Demi meningkatkan angka literasi digital, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia menjadi perusahaan efek pertama di Indonesia memiliki kanal Youtube dengan 100.000 subscribers setelah konsisten mendorong inovasi digital terutama sejak sedekade terakhir.

investasi keamanan finansial
Selain berinvestasi, manajemen keuangan yang baik juga perlu diperhatikan. (Foto: Freepik/Rawpixel)

CEO Mirae Asset Sekuritas Tae Yong Shim mengatakan capaian tersebut merupakan bukti kepercayaan nasabah dan publik terhadap hasil kerja keras manajemen dan tim dengan tujuan sederhana mendemokratisasi investasi di Indonesia.

“Terima kasih kepada nasabah, otoritas pasar modal dan otoritas bursa, serta tim internal Mirae Asset Sekuritas, karena berkat dukungan semua stakeholders, inovasi digital Mirae Asset Sekuritas dapat dilakukan secara berkelanjutan sampai seperti sekarang ini,” ujar Mr. Shim dalam keterangan pers nan diterima Merahputih.com.

Baca juga:

Begini Seharusnya Manajemen Keuangan Generasi Sandwich

Berdasarkan data publik Youtube, kanal Mirae Asset Sekuritas baru memiliki 100.000 subscribers awal pekan ini tumbuh lebih dari 46 persen sejak awal tahun. Angka subscribers tersebut merupakan terbesar dibandingkan dengan akun perusahaan efek lain di dalam negeri.

Kanal tersebut memiliki pertumbuhan views mendekati 130 persen (yoy) dan waktu tonton (watch time) hampir 70 persen (yoy) sampai periode September 2022. Video-video di dalam kanal tersebut memiliki total durasi lebih dari 400.000 jam dalam setahun ini, dengan jumlah unggahan yang telah ditonton sebanyak hampir 10 juta kali.

youtube
Konten Youtube Mirae Asset Sekuritas tembus seribu subscrivers. (Foto: Mirae Asset)

Youtube dan inovasi digital tersebut, sambung Mr. Shim, juga menjadi pendukung Mirae Asset Sekuritas hingga mencapai posisi tertinggi sekarang di pasar saham, terutama dari sisi nilai, frekuensi, dan volume transaksi sejak dua tahun terakhir. Per akhir Juni 2022, nilai transaksi saham Mirae Asset Sekuritas Rp 332 triliun year to date (ytd), terbesar di antara anggota bursa Bursa Efek Indonesia.

Situs berbagi video tersebut merupakan salah satu kanal digital Mirae Asset Sekuritas berisi program literasi dan edukasi dengan sederhana sekaligus menghibur. Beberapa program di kanal itu termasuk web serial Generasi Cuan, reality show The Semut, analisis ekonomi makro dan stock picks SuperStock, dan materi belajar pasar modal dan tutorial Belajar Bersama Mirae Asset (BBM).

Selain itu, ada wawancara tokoh inspiratif Hidden Masters serta tayangan seru dari dunia ekonomi dan pasar modal dalam Eureka! dan Eureka Fact. Untuk kegiatan rutin, setiap harinya ada update pasar melalui Morning Meeting sebelum pembukaan pasar saham di pagi hari.

youtube
Tae Yong Shim, CEO PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. (Foto: Mirea Asset)

Program rutin di Youtube tersebut merupakan diskusi mingguan Stockversation serta program bersama emiten Kamu Beli Saham Apa (KBSA), dengan hampir seluruhnya sudah dapat menjangkau publik secara luas di dunia maya karena didukung kanal media sosial lain seperti Instagram dan Facebook.

“Terakhir, inovasi digital Mirae Asset Sekuritas dalam bentuk CSR budaya telah menelurkan MAXMusic sebanyak enam episode di kanal Youtube sebagai tanda terima kasih kepada masyarakat dalam bentuk hiburan musik dan pengembangan budaya serta dukungan kepada seniman lokal,” ujar Mr. Shim. (*)

Baca juga:

Kiat Bagi Milenial untuk Merdeka Secara Finansial

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Perspektif GHO$$ Tentang Jakarta Tertuang di Single Terbaru
ShowBiz
Perspektif GHO$$ Tentang Jakarta Tertuang di Single Terbaru

UNIT trip hop asal Indonesia, GHO$$ kembali dengan single teranyar berjudul 'mesinsexibukota'.

Kecelakaan di Tes Misano, Kelingking Aleix Espargaro Retak
Fun
Kecelakaan di Tes Misano, Kelingking Aleix Espargaro Retak

Retak tulang kedua Aleix Espargaro di musim 2022 ini.

Merawat Kesehatan Fisik dan Mental Lewat Berkebun
Fun
Merawat Kesehatan Fisik dan Mental Lewat Berkebun

Meski pandemi telah mereda, berkebun masih bertahan sebagai aktivitas pengisi waktu luang yang populer di perkotaan.

Saat si Pengaman Nyangkut di Miss V
Hiburan & Gaya Hidup
Saat si Pengaman Nyangkut di Miss V

Bisa terlepas, terlipat, kemudian tertinggal di vagina.

Tahun 2022 Resolusi Turun Berat Badan, Kenali Diri Sendiri Dahulu
Fun
Tahun 2022 Resolusi Turun Berat Badan, Kenali Diri Sendiri Dahulu

Kenali diri sendiri sebelum melakukan diet.

Kampanye Seru 'Glow In The Dark' Bersama Beauty Collaboration
Fun
Kampanye Seru 'Glow In The Dark' Bersama Beauty Collaboration

Ada berbagai kegiatan seru mulai dari challenge hingga virtual event.

Jepang Segera Bebas Visa, 5 Kota ini Tak Boleh Terlewat Dikunjungi
Fun
Jepang Segera Bebas Visa, 5 Kota ini Tak Boleh Terlewat Dikunjungi

Berwisata di Jepang, rasakan sensasi wisata tradisional hingga modern di lima kota ini.

Jangan Sampai Mengalami Breadcrumbing Agar Tidak Patah Hati
Fun
Jangan Sampai Mengalami Breadcrumbing Agar Tidak Patah Hati

Breadcrumbing merupakan salah satu bentuk pelecehan emosional.

Kolaborasi dengan Bryce Vine, Two Friends Rilis 'Graduated'
ShowBiz
Kolaborasi dengan Bryce Vine, Two Friends Rilis 'Graduated'

TWO Friends yang beranggotakan Eli Sones dan Matthew Halper kembali dengan single Graduated