Selebritas

Konten Instagram Selebritas Pengaruhi Perasaan Negatif Pengikutnya

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 08 Oktober 2021
Konten Instagram Selebritas Pengaruhi Perasaan Negatif Pengikutnya
Peneliti menemukan akun selebritas merupakan beberapa akun yang paling sering dilihat. (assampress.com)

BINTANG-bintang utama media sosial utama, seperti Kim Kardashian, Justin Bieber, dan Charli D'Amelio, termasuk di antara selebritas dengan Instagram mengalami perasaan lebih negatif tentang citra diri mereka. Demikian terungkap dalam penelitian internal Facebook yang dikabarkan Wall Street Journal minggu ini. Hal itu memicu banyak pertanyaan tentang dampak budaya selebritas daring.

The Journal merilis dek slide penelitian yang bocor pada Rabu (30/9). Itu menjadi dasar artikel yang diterbitkan awal bulan September. Disebutkan, bahwa Facebook tahu bahwa aplikasi mereka membahayakan kesehatan mental beberapa remaja perempuan dan pengguna muda.

BACA JUGA:

Putusin Pacar tanpa Drama

Penelitian yang berjudul Social comparison on Instagram itu menyurvei 100.000 orang pada Maret dan April 2020 di sembilan negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Brasil.

Juru bicara Facebook Kevin McAlister mengatakan responden survei tidak diminta untuk menyebutkan akun tertentu, tetapi peneliti menemukan akun selebritas merupakan beberapa akun yang paling sering dilihat orang-orang yang menyatakan bahwa mereka mengalami tingkat perbandingan sosial negatif yang lebih tinggi atau lebih rendah di Instagram. Demikian data internal perusahaan yang diberitakan Reuters (30/9).

ariana grande
Penyanyi Ariana Grande termasuk di antara selebritas yang pengikutnya merasakan perbandingan sosial negatif. (i2.wp.com)

Dia mencatat temuan itu masuk akal karena selebritas yang terdaftar memiliki lebih dari 30 juta pengikut. Peneliti Facebook tidak mempelajari apakah paparan pengguna ke akun selebritas tersebut menyebabkan perasaan negatif tentang diri mereka sendiri.

Penyanyi Ariana Grande dan model Kendall Jenner termasuk di antara selebritas yang pengikutnya merasakan perbandingan sosial yang lebih negatif. Demikian diungkap peneliti Facebook.

Peneliti Facebook mencatat di slide deck bahwa perusahaan dapat bermitra dengan bintang-bintang yang kerap berkampanye body positive untuk mengurangi perbandingan negatif.

Di sisi lain, akun Instagram milik The Ellen Show, yang dipandu komedian Ellen DeGeneres, aktor Amerika Will Smith, dan pemain sepak bola Brasil Neymar memiliki pengikut yang merasa kurang negatif ketika diperbandingkan. Demikian menurut data penelitian.

facebook
Aktor Ashton Kutcher, salah satu bintang yang membantu Instagram mendapatkan kredibilitas dengan selebritas. (insider.com)

Temuan ini penting mengingat Instagram membantu merintis kemunculan influencer media sosial dan melakukan upaya untuk merekrut selebritas ke aplikasi pada hari-hari awal keberadaan mereka.

Menurut sebuah pernyataan yang dilaporkan dalam buku No Filter: The Inside Story of Instagram, aktor Ashton Kutcher ialah salah satu bintang yang membantu Instagram mendapatkan kredibilitas dengan selebritas lain dan membantu memperkenalkan perusahaan kepada Grande.

Tim kemitraan perusahaan juga bekerja sama dengan selebritas, musisi, dan tokoh masyarakat lain untuk meningkatkan kehadiran mereka di Instagram, seperti terlihat di bio LinkedIn beberapa karyawan di Grup Facebook.

Para peneliti Facebook menemukan melihat lebih banyak konten selebritas di feed Instagram dikaitkan dengan lebih banyak perbandingan negatif terhadap citra diri. Penelitian tersebut menyimpulkan hampir setengah dari konten yang dilihat orang di Instagram berasal dari selebritas.(aru)

#Selebritas #Teknologi #Kesehatan Mental #Instagram
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan