Kesehatan

Konsumsi Produk Pangan dengan Logo 'Pilihan Lebih Sehat'

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 02 Oktober 2020
Konsumsi Produk Pangan dengan Logo 'Pilihan Lebih Sehat'
Logo "Pilihan Lebih Sehat" menjamin kualitas produkmu (Foto: Unsplash/engin akyurt)

JANGAN asal pilih produk pangan untuk dikonsumsi. Apalagi kalau produk tersebut abal-abal. Penting banget kamu memperhatikan kualitas produk tersebut. Bagaimana caranya?

Gampang, tidak perlu riset sana-sini untuk melihat kualitas produk tersebut. Cukup baca label gizi yang tertera pada kemasan. Semua informasi tentang kandungan pada kemasan tertulis detil dengan takaran gizinya.

Baca juga:

Cegah Stunting dengan Perhatikan Isi Piring Anak

"Membaca label gizi pada kemasan merupakan salah satu solusi dalam membantu konsumen untuk lebih cerdas dalam memilih produk pangan," jelas Dr. Rimbawan dari Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor dalam sebuah Webinar beberapa waktu lalu.

Setelah baca kandungan gizi, pastikan ada logo "pilihan lebih sehat" pada kemasan (Foto: Unsplash/Christopher Rusev)

Nah, membaca kandungan gizi juga tidak cukup. Biar lebih yakin lagi, perhatikan pula apakah ada logo "Pilihan Lebih Sehat" pada kemasan. Logo tersebut akan semakin menjamin kualitas produk yang kamu pilih.

Dalam upaya membantu konsumen Indonesia lebih bijak memilih produk pangan, Badan POM mengeluarkan peraturan Nomor 22 Tahun 2019 tentang Informasi Nilai Gizi pada Label Pangan, salah satunya mengatur pencantuman logo "Pilihan Lebih Sehat".

Baca juga:

Masuki Kenormalan Baru, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Pedoman Gizi Seimbang

Dalam sesi diskusi ini, Presiden Direktur Nestlé Indonesia, Ganesan Ampalavanar juga menyampaikan sangat mendukung upaya pemerintah untuk mendorong konsumen memilih pangan yang lebih sehat. "Pengetahuan tentang pemenuhan gizi seimbang merupakan sebuah masalah yang membutuhkan perhatian kita semua," paparnya.

Kenalkan gizi pada anak sejak dini (Foto: Unsplash/Ben Wicks)

Nestlé Indonesia mempersembahkan produk minuman siap konsumsi, yaitu MILO UHT, DANCOW UHT, dan BEAR BRAND. Semua produk tersebut sudah mendapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mencantumkan logo "Pilihan Lebih Sehat".

Tak hanya itu, Ibu Inspiratif Donna Agnesia, berbagi pengalamannya pada sesi webinar ini. Dengan adanya logo "Pilihan Lebih Sehat" ia merasa lebih mudah memilih produk pangan yang kandungannya sesuai dengan rekomendasi.

Bahkan, kata Donna, kebiasaan membaca label produk pangan pada anak sejak dini dapat membangun kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat. Anak pun akan terbiasa mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Jadi jangan lupa ya sobat Merah Putih, jangan asal lagi dalam memilih membeli produk pangan. (ikh)

Baca juga:

Kenali Kurang Gizi Pada Anak

#Kesehatan #Susu #Gizi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan