Konsumsi Minuman Beralkohol Ternyata Bisa Memengaruhi Hubungan Percintaan Alkohol bisa memengaruhi hubungan percintaan kamu. (Foto: pixabay/free-photos)

MINUMAN beralkohol merupakan hal yang lazim dikonsumsi orang-orang. Selain rasanya yang kadang disukai orang, efeknya juga bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih senang, mengurangi kecemasan, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Selain memberikan efek samping positif, nyatanya minuman beralkohol juga memiliki segudang dampak negatif. Dilansir dari cdc.gov, Mengonsumsi alkohol dapat membahayakan kesehatan tubuhmu.

Risiko kesehatan jangka pendek antara lain adalah terluka karena kecelakaan saat berkendara, jatuh, tenggelam, terbakar, kekerasan, bunuh diri, penyerangan seksual, keracunan minuman, serta kegiatan seksual yang tidak terkontrol.

Risiko kesehatan jangka panjang dari alkohol antara lain adalah tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, sakit hati, kanker payudara, mulut, tenggorokan, jantung, serta masalah mental dan kehilangan produktivitas dalam bekerja. Maka dari itu tidak heran bahwa alkohol juga bisa memperburuk hubungan kamu dengan pasangan. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Minuman beralkohol masuk kategori obat-obatan

Konsumsi Minuman Alkohol Ternyata Bisa Memengaruhi Hubungan Percintaan
Alkohol membuat kamu menjadi mood swing. (Foto: pixabay/qimono)

Berdasarkan definisinya, alkohol bisa mempengaruhi emosi, persepsi, dan cara berpikir seseorang. Alkohol juga bisa menjadi sarana mengurangi depresi yang paling sering orang gunakan.

Meskipun bisa memperbaiki mood kamu sesaat, namun sesungguhnya alkohol bisa membuat kamu menjadi mood swing, atau mudah berganti-ganti suasana hati sehingga sehabis senang kamu bisa menjadi sensitif, mudah marah, dan emosi-emosi lainnya yang merugikan.

Kondisi mood swing yang diakibatkan dari alkohol ini tentunya bisa mempengaruhi hubunganmu dengan pasangan ketika berkomunikasi, apalagi jika intensitas kamu mengonsumi minuman beralkohol cukup tinggi.

2. Diterimanya minuman alkohol di berbagai budaya

Konsumsi Minuman Alkohol Ternyata Bisa Memengaruhi Hubungan Percintaan
Alkohol menjadi menu wajib ketika perayaan di negara tertentu. (Foto: pixabay/nastya_gepp)

Alkohol dianggap sebagai alat perayaan yang bisa membuat pesta semakin seru, sehingga budaya mengonsumsi minuman alkohol dapat dikatakan lazim untuk sebagian besar budaya.

Tanpa kita sadari, seolah-olah konsumsi alkohol ketika merayakan sesuatu merupakan hal yang wajib, dan ini bisa membuat kita menyampingkan efek negatif dari alkohol itu sendiri.

Ketika dalam kondisi mabuk, tidak jarang kita mendengar seseorang yang mengatakan bahwa "aku bisa berbicara seperti itu hanya ketika aku sedang mabuk", atau "kita hanya bertengkar ketika kita sedang mabuk", dan lain-lain.

Baca juga:

Konsumsi Alkohol Jangan Lebih dari 14 Unit Seminggu!

Waktu Terbaik Minum Alkohol

Sebaiknya Hentikan Mengonsumsi Alkohol

Mabuk alkohol memberikan kondisi yang rentan terhadap seseorang, sehingga seringkali melakukan hal-hal yang tidak semestinya mereka lakukan, atau tidak akan mereka lakukan ketika mereka memiliki kesadaran penuh.

Berbagai aksi yang akan kamu lakukan ketika mabuk bisa saja memperpecah hubunganmu dengan kekasih, contohnya adalah selingkuh, dan melakukan hubungan seksual bebas terhadap siapa saja.

3. Efek psikologis alkohol

Konsumsi Minuman Alkohol Ternyata Bisa Memengaruhi Hubungan Percintaan
Alkohol memiliki dampak buruk jangka pendek dan panjang. (Foto: pixabay/free-photos)

Efek secara langsung dari alkohol berkaitan dengan interaksi sosial kamu dengan orang sekitarmu. Selain mengakibatkan kamu menjadi lebih agresif, defensif, sensitif dan tidak rasional.

Alkohol juga bisa menurunkan produktivitas kamu, dan untuk efek jangka panjang, alkohol bisa mengubah fungsi otak dan hati kamu sehingga menurunkan kinerja dan performa organ tubuh dan memperpendek umur. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH