Konsumsi Makanan Sehat Efektif Redakan Jerawat

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Kamis, 23 Juni 2022
Konsumsi Makanan Sehat Efektif Redakan Jerawat
Perempuan sangat rentan berjerawat. (Foto: Pexels-Andrea Piacquadio)

JERAWAT pada bagian wajah tentu mengganggu penampilan. Bintik merah di pipi bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang saat haru tampil di ruang publik.

Jerawat klinis, seturut studi Rumah Sakit Umum Massachusetts, berpotensi muncul sebanyak 45% wanita usia 21 hingga 30 tahun, 26% wanita berusia 31 hingga 40 tahun, dan 12% wanita berusia 41 hingga 50 tahun.

Baca Juga:

Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam, Apa Bisa?

Meski jerawat diduga jadi rangkaian kuat masa pubertas seseorang, bukan berarti kemunculan tak bisa diredakan. Selain dengan penobatan di klinik kecantikan, ada cara lebih mudah bisa dilakukan semua orang nan ingin meredakan jerawat dengan mengonsumsi makanan sehat.

Sebuah studi di Lipids in Health and Disease menyarankan makanan kaya lemak sehat atau Omega-3 dapat membantu mengurangi lesi jerawat.

Konsumsi Makanan Tertentu Memengaruhi Jerawat, Mitos atau Fakta?
Jerawat paling umum dialami kalangan remaja. (Foto: Pexels/Anna Nekrashevich)

Dianjurkan memakan camilan, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian mentah, zaitun dan minyak zaitun, dan ikan seperti salmon dan sarden Alaska liar, hingga alpukat jika ingin meredakan kemunculan jerawat.

Selain itu, William Danby pada Dermatology World edisi September 2011, menyarankan agar mengurangi konsumsi susu terutama bagi orang dengan latar belakang genetik terhadap kemunculan jerawat.

Baca juga:

Empat Langkah Mudah Mengubah Kulit Kusam jadi Bersinar

"Pada pasien tidak memiliki latar belakang genetik untuk jerawat, produk susu tidak berperan apa pun," kata Danby.

Di samping itu, biji-bijian olahan dan tepung putih dalam roti, pasta, bagel, dan muffin dapat menyebabkan lonjakan cepat pada gula darah sehingga dapat menyebabkan jerawat.

jerawat
Omega 3 dalam Alpukat bisa menangani jerawat (Foto: Unsplash-Gil Ndjouwou)

Kamu dapat memakan quinoa, beras merah, barley, dan ubi jalar untuk memuaskan asupan karbohidrat tanpa harus memperparah kondisi kulit berjerawat.

Selanjutnya, zinc sangat penting untuk struktur dan fungsi membran sel. Sebuah penelitian kecil di Turki menemukan orang dengan jerawat lebih mungkin kekurangan zinc. Sumber zinc baik bisa didapatkan dari daging, telur, jamur, produk gandum utuh, dan tiram.

Vitamin A diperlukan untuk kesehatan kulit. Sebuah penelitian di Clinical and Experimental Dermatology menunjukkan suplemem vitamin A dapat memperbaiki kondisi jerawat pada pasien. Makan ubi jalar, kangkung, bayam, dan wortel untuk mendapatkan manfaatnya karena kaya akan kandungan Vitamin A. (Ref)

Baca juga:

Pakai Skincare Setelah Masalah Jerawat Teratasi

#Fashion #Kesehatan #Kulit Wajah
Bagikan
Bagikan