Konsumsi Makanan Ini Untuk Mencegah Diabates Pilih makanan untuk mencegah diabetes (Sumber: Pixabay/Tumisu)

DIABETES bukanlah penyakit sepele. Dalam kasus yang sangat parah, diabetes menjadi penyebab komplikasi penyakit lainnya seperti stroke atau penyakit ginjal. Oleh karena itu, tindakan terbaik untuk diabetes adalah mencegahnya.

Makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian menjadi salah satu cara mengurangi risiko diabetes. Kamu bisa memilih makanan dengan kandungan indeks glikemik (GI) rendah serta menghindari makanan berindeks glikemik tinggi.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini makanan yang layak kamu konsumsi untuk mencegah diabetes.

1. Cabe rawit

Cabe Rawit (Sumber: Pixabay/Enotovyj)
Cabe Rawit (Sumber: Pixabay/Enotovyj)

Meski kecil dan pedas, cabe rawit memiliki manfaat dalam mengurangi kadar glukosa pada darahmu. Zat yang terkandung pada cabe rawit akan meningkatkan kadar insulin dan kandungan glikogen. Selain itu senyawa capsaicin pada cabai juga bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah.

2. Kayu manis

Kayu Manis (Sumber:  Pixabay/Daria-Yakovleva)
Kayu Manis (Sumber: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Bumbu dapur yang satu ini sangat efektif dalam menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ia memiliki sifat antioksidan, yang juga dapat menurunkan kadar trigliserida pada diabetes tipe 2 dan kolesterol. Jika dikonsumsi untuk jangka waktu 3 bulan, kayu manis dapat mengontrol hemoglobin A1c.

3. Telur

Telur (Sumber: Pixabay/stevepb)
Telur (Sumber: Pixabay/stevepb)

Mengonsumsi telur dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Jika ingin mengonsumsinya lebih baik jika direbus bukan digoreng.

4. Biji Chia

Biji Chia (Sumber: Pixabay/ValeriaJa)
Biji Chia (Sumber: Pixabay/ValeriaJa)

Rendah karbohidrat dan sumber serat, biji chia sangat membantu membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah. Selain mencegah, biji chia juga bisa mengobati diabetes, karena makanan ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

5. Kunyit

Kunyit (Sumber: Pixabay/stevepb)
Kunyit (Sumber: Pixabay/stevepb)

Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, membantu dalam menurunkan gula darah, peradangan, dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Ia juga meningkatkan kesehatan ginjal yang terkena dampak terburuk dalam kasus diabetes.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (Sumber: Pixabay/ExplorerBob)
Kacang-kacangan (Sumber: Pixabay/ExplorerBob)

Hazelnut, almond, kacang Brasil, pistachio, kacang mede dan walnut adalah makanan yang kaya sumber serat dan mengandung karbohidrat rendah. Studi mengungkapkan konsumsi kacang-kacangan ini setiap hari dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi peradangan, kadar kolesterol LDL serta kadar insulin.

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH