Konsumsi Makanan Ini Sebelum Olahraga Rekomendasi makanan sebelum olahraga (Foto Pexels/nathan cowley)

OLAHRAGA memiliki manfaat yang sangat banyak. Selain membuat tubuh lebih bugar juga meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk menambahkan stamina, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

Dilansir dari alodokter, terdapat beberapa makanan yang dianjurkan sebelum berolahraga. Mengonsumsi makanan dengan takaran yang cukup.

Baca Juga:

Istirahat Sejenak Menghalau Bahaya Olahraga Berlebih

1. Protein bar

makan
Konsumsi protein bar sejam sebelum mulai olahraga (Foto: Pexels/annelies brouw)

Sebelum berolahraga, direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan berprotein yang dikemas dalam bentuk bar atau batangan. Praktis dan menambah dan mengembalikan energi tubuh. Ini sesuai dengan kebutuhan tubuh yang perlu energi yang datangnya dari makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Pastikan mengonsumsinya 3-4 jam sebelum berolahraga.

Pilihlah energi bar yang mengklaim kandungan protein hingga lima gram sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kandungan protein dalam camilan bar bisa memperkuat massa otot, bantu pemulihan otot yang tegang, dan jaga performa otot. Sementara karbohidrat diperlukan sebagai cadangan bahan bakar yang menghasilkan glikogen.


2. Pisang

makan
Kandungan dalam buah pisang efektif tingkatkan energi tubuh (Foto: Pexels/Pixabay)

Dalam satu pisang terkandung karbohidrat, kalium, dan vitamin B6. Kandungan ini berguna untuk meningkatkan energi saat berolahraga. Buah pisang juga baik untuk membantu pergerakan otot, mengatur detak jantung dan tekanan darah. Konsumsi pisang satu jam sebelum olahraga.


Baca Juga:

Fakta-Fakta Tentang Olahraga yang 'Katanya' Bisa Membuat Badan Kamu Lebih Tinggi

3. Oatmeal

makan
Oatmeal baiknya dikonsumsi dua hingga tiga jam sebelum olahraga (Foto: Pexels/jeshoots)


Ini adalah alternatif makanan yang baik sebelum berolahraga. Kandungan dalam oatmeal mampu meningkatkan stamina tubuh sehingga lebih bersemangat. Gandum utuh baiknya dikonsumsi tanpa menambahkan pemanis, seperti gula. Tambahkan irisan almon dan pisang untuk melengkapi nilai gizi dalam oatmeal. Konsumsi 2-3 jam sebelum olahraga.

4. Smoothies

makan
Jangan konsumsi smoothies dengan gula tambahan (Foto: Pexels/alisha mishra)


Untuk menghindari dehidrasi, smoothies bisa jadi minuman alternatif yang menyehatkan. Baik dikonsumsi sebelum berolahraga. Untuk menambah manfaatnya, pastikan olahan buah yang dijadikan smoothies tak memakai gula tambahan. Apalagi pemanis buatan. Kamu bisa mengganti gula dengan susu almon.

Hasil maksimal dapat diperoleh dnegan membuat smoothies sendiri di rumah. Tak hanya lebih bersih, bahan-bahan yang dipakai juga sesuai dengan selera. Konsumsi satu jam sebelum berolahraga. (Dys)

Baca Juga:

Terlalu Sering Olahraga Berbahaya! Nomor 3 Khusus untuk Perempuan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH