Konsumsi Ikan atau Ditenggelamkan Kematian Ikan mengandung omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. (Foto: autodo)

Ikan identik dengan kesehatan. Konon dengan konsumsi ikan satu dua porsi sehari dalam seminggu mengurangi risiko terkena serangan jantung. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan sangat baik untukkesehatan jantung.

Ikan mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi peradangan dalam tubuh yang dapat merusak pembuluh darah, dan menyebabkan timbulnya penyakit jantung.

Asam lemak omega-3 dapat menurunkan trigliserida atau lemak dalam darah, menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah dan menurunkan risiko terkena stroke dan gagal jantung, bahkan memperbaiki denyut jantung tidak teratur.

Makanlah ikan dalam seminggu, khususnya yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, tuna, sarden, trout, dan herring. Perhatikan pula cara memasaknya. Ikan yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang lebih baik daripada digoreng dalam minyak yang berlimpah.

Selama bertahun-tahun, American Heart Association merekomendasikan mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 minimal dua kali seminggu. Jika merasa ikan membosankan sebagai menu sajian makan Anda. Dapat digantikan dengan makanan lain yang mengandung Omega 3. Seperti kenari, minyak canola, kedelai, minyak kedelai, biji rami, dan minyak biji rami. (psr)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH