Konsumsi Banyak Gula Bisa Pancing 45 Masalah Kesehatan

Febrian AdiFebrian Adi - Minggu, 09 April 2023
Konsumsi Banyak Gula Bisa Pancing 45 Masalah Kesehatan
Banyak risiko dari konsumsi gula berlebih. (Foto: Unsplash/Faran)

SEBUAH jurnal yang diterbitkan oleh penyedia kesehatan global BMJ menganalisis 67 studi observasional, dan enam uji terkontrol secara acak yang merinci 83 hasil kesehatan dewasa dan anak-anak. Mengutip laman Healthline, Jumat (7/4), jurnal baru tersebut menyatakan bahwa mengonsumsi banyak gula bisa menyebabkan hingga 45 masalah kesehatan hingga bersifat kronis.

Lebih lanjut, mereka menemukan hubungan antara konsumsi gula dan 45 hasil kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, obesitas, asma, depresi, sejumlah kanker seperti kanker payudara, prostat dan pankreas hingga bisa menyebabkan kematian.

Baca juga:

Anak Tak Boleh Terlalu Banyak Konsumsi Gula, Ini Bahayanya

Ingat terlalu banyak konsumsi banyak gula berbahaya bagi tubuh. (Foto: Unsplash/Mathilde)

Para peneliti itu menemukan, bahwa minuman yang diberi pemanis berupa gula, seperti soda, berkaitan dengan risiko yang lebih tinggi untuk kondisi kesehatan tertentu seperti asam urat, obesitas, dan masalah jantung seperti stroke dan serangan jantung.

“Asupan gula yang berlebihan menempatkan pada risiko lebih tinggi untuk penyakit kardiovaskular, kanker tertentu, penyakit hati, penyakit ginjal, diabetes, kadar kolesterol tinggi, kerusakan gigi dan penambahan berat badan,” ucap ahli gizi Jamie Nadeau seperti dilansir laman Healthline

Karena berbahayanya dampak minuman dampak, para peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari satu porsi dalam seminggu.

Lebih lanjut, Panduan Pola Makan untuk Warga Amerika menganjurkan asupan gula harus kurang dari 10 persen dari total kalori. Untuk diet 2.000 kalori standar, jumlah gula harus di bawah 200 kalori. Kemudian, para ahli juga menyarankan untuk menurunkan asupan gula maksimal enam sendok teh per hari.

Baca juga:

Jangan Konsumsi Gula dan Karbohidrat Berlebihan, Ini Bahayanya untuk Otak

Baiknya tidak lebih dari 9 sendok teh konsumsi gula per hari. (Foto: Unsplash/Alexander)

“The American Heart Association sedikit lebih ketat dan merekomendasikan tidak lebih dari 9 sendok teh gula tambahan per hari untuk pria dan tidak lebih dari enam sendok teh gula tambahan per hari untuk wanita,” tambah Nadeau.

Meskipun mengurangi asupan gula, Nadeau juga mengingatkan adalah penting menjaga nutrisi seimbang dan memahami berapa banyak gula yang dikonsumsi. Jika diet terlalu ketat, seseorang dikhawatirkan akan mengonsumsi gula tambahan secara berlebihan ketika diet gula terhenti. (far)

Baca juga:

Gula Berlebih tak Semanis Rasanya

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan