Konsol Cloud Hybrid Xbox akan Meluncur pada 2028

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 21 September 2023
Konsol Cloud Hybrid Xbox akan Meluncur pada 2028
Ukuran lebih mungil dan memiliki spesifikasi terbaik untuk konsol Cloud Hybrid. (Microsoft)

PUNYA potensi besar dengan Project Keystone, Microsoft akan menggarap konsol cloud gaming lebih serius dengan menghadirkan Cloud Hybrid yang konon dapat mainkan game cloud atau non-cloud. Konsol itu akan lebih terjangkau bila dibandingkan dengan konsol Xbox yang sudah ada.

Mengutip laman IGN, bocoran ini menjadi bagian dari Federal Trade Commission (FTC). Kabar ini bersamaan dengan bocoran surel tentang Microsoft yang akan membeli Nintendo atau Valve. Xbox nantinya akan menghadirkan konsol Cloud Hybrid yang dirilis pada tahun 2028.

Baca Juga:

Cobain Cosplay Jadi Baki Hanma di Street Fighter 6

konsol
Blueprint spesifikasi konsol Cloud Hybrid Xbox. (Microsoft)

Amat mungkin konsol tersebut akan berfokus kepada komputerisasi hybrid yang ada di Project Keystone. Kemudian digabungkan dengan teknologi yang sudah ada di Xbox Series X/S. Alhasil, konsol ini memiliki spesifikasi yang baik untuk rilis pada harga yang jauh lebih terjangkau.

Skema penjualan dari konsol Cloud Hybrid ini akan berfokus ke Xbox Game Pass, dan Cloud Gaming yang sudah ada di Xbox. Pemain dam memainkan gim berkualitas tinggi tanpa perlu spesifikasi peranti besar. Cloud Hybrid konon memiliki spesifikasi yang lumayan tinggi dan dapat memainkan gim dari cloud. Termasuk pula gim indie dengan grafis yang memukau di resolusi tinggi.

Konsol Cloud Hybrid Xbox ini memiliki CPU ARM64 yang akan berkolaborasi dengan AMD untuk menggarap GPU dengan tujuan fleksibilitas, dan performa tinggi pada workload tertentu. Konsol inipun memiliki ray tracing generasi terbaru dari DirectX, resolusi super, dan dynamic global illumination dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta.

Baca Juga:

Gameplay 'Marvel's Spider-Man 2' Perlihatkan New York Lebih Luas

konsol
Rencana penggarapan sebelum rilis retail pada 2028 (Microsoft)

Harga tersebut terbilang terlalu bijak untuk konsol Cloud Hybrid. Apalagi konsol ini katanya masih dapat memainkan gim tanpa perlu koneksi internet. Penggarapan dari developer kit untuk konsol Cloud Hybrid ini akan dirilis pada 2027, dan konsolnya akan rilis secara retail pada 2028.

Konsol ini amat mungkin menggantikan Project Keystone yang sudah dibocorkan oleh CEO Xbox Phil Spencer. Bila hal ini terjadi, maka Spencer harus mengatur ulang skema microtransaction dari layanan premium Xbox Game Pass agar konsol Cloud Hybrid masih tetap dapat memasukan profit Microsoft./ Apalagi dengan spesifikasinya itu dijual dermawan. (dnz)

Baca Juga:

The Sims 5 Jadi Gim Gratis di PC dan Konsol

#Game #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan