Musik
Konser yang Aman Kamu Tonton pada 2021 Konser musik aman dan nyaman selama pandemi COVID-19. (Foto: Instagram@viscralofficial)

MESKIPUN industri musik dunia sangat terpukul namun tidak demikian dengan para penikmat musik. Rap Inggris diberkahi Headie One, AJ Tracey, dan bahkan Fiona Apple yang keluar dari semi-pensiun dengan album paling disorientasi, berani dan inventif dalam karier mereka.

Tentu, tidak ada pertunjukan langsung yang dapat dibanjiri penonton. Glastonbury bahkan melewatkan pesta ulang tahunnya yang ke-50. Sisi baiknya, lockdown mendorong musisi ke dalam hiruk-pikuk kreativitas. Charli XCX membuat album dalam enam minggu dan diganjar nominasi Mercury Prize; Paul McCartney menyelesaikan trilogi rekaman yang dia mulai 50 tahun lalu; dan Taylor Swift merilis dua album baru dalam waktu lima bulan.

Baca Juga:

Musikal 'Lazarus' David Bowie Siap Disiarkan Online Awal 2021

konser
Lockdown selama pandemi melahirkan berbagai kreativitas. (Foto: Pexels/Wendy Wei)

Jadi apa yang dimiliki 2021 bagi kamu-kamu pencinta musik? Akan ada lebih banyak konser musik dalam berbagai bentuk. Tentunya, meskipun vaksin sudah mulai disebar, pandemi belum benar-benar selesai. Artinya, kamu masih perlu menerapkan 3M dan menjalani protokol kesehatan jika berada di ruang publik bersama ratusan atau ribuan orang lain.

Berikut ada lima jenis konser yang sudah pernah berlangsung pada 2020 dan akan lebih banyak lagi diadakan pada 2021. Pilih yang paling kamu rasa aman dan selamat menikmati penampilan musisi kesayangan.

1. Konser virtual fenomenal

konser
Konser virtual akan menjadi lebih atraktif. (Foto: The New York Times)

Hari-hari awal lockdown, fans yang senang mengintip kehidupan para pesohor merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Para aktor dan musisi dunia mengundang kita semua ke ruang tamu, dapur, dan kamar mandi mereka dan memainkan beberapa lagu. Kita bisa melihat bagaimana Charlie Watts dari The Rolling Stones bermain drum sambil duduk di armchair.

Menjelang akhir tahun, produksi konser virtual menjadi sedikit lebih ambisius. Pada bulan November, Studio 2054 Dua Lipa memasang standar baru untuk kualitas live streaming dengan dua lusin penari, hula hoop Day-Glo raksasa, bahkan glitter balls raksasa, roller disco, dan penampilan tamu istimewa mulai dari Kylie dan Miley hingga Sir Elton John. Semua menerobos masuk ke Rocket Man.

Konser tersebut menelan biaya USD1,5 juta (Rp21,23 miliar) dan memakan waktu lima bulan untuk disatukan. Hasilnya? Ada 284 ribu penjualan tiket dan kesepakatan streaming di India dan Tiongkok. Pada akhirnya, konser tersebut disaksikan oleh lebih dari lima juta orang di seluruh dunia.

2. Konser dalam video game

konser
Konser rapper Travis Scott dalam video game Fortnite. (Foto: rockpapershotgun)

Pada akhirnya, para musisi yang kreatif bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Rapper AS Travis Scott dilaporkan memperoleh USD20 juta (Rp28,3 miliar) untuk satu konser sembilan menit di dalam video game Fortnite pada April lalu. Sebagai perbandingan, tur Astro World selama 58 hari pada 2018-2019 menghasilkan pendapatan kotor USD53,5 juta atau Rp745,4 miliar.

Namun, pertunjukan virtual baik itu menggunakan platform streaming atau dalam video game tidak hanya menguntungkan secara finansial bagi musisi dan industri musi. Penggemar pun lebih diuntungkan. Kamu yang tidak mampu bepergian ke kota-kota besar seperti London dan New York dapat tiba-tiba menghadiri pertunjukan eksklusif. Selain itu, karena penontonnya lebih banyak, tiketnya lebih terjangkau.

3. Konser drive-in

konser
Konser drive-in di Ostrava, Republik Ceko. (Foto: billboard)

Bagi kamu yang masih memimpikan melihat aksi langsung musisi kesayangan, beberapa bentuk pertunjukan langsung sudah diadakan. Mulai dari yang luar ruangan hingga dalam ruangan seperti konser biasa. Salah satu yang pertama dilangsungkan saat awal-awal pendemi adalah konser drive-in, menonton dalam lindungan mobil yang nyaman.

Bahkan konser drive-in ini juga sudah belangsung di Jakarta. Pada 29-30 Agustus 2020 di JIExpo Kemayoran dilangsungkan konser New Live! Experience yang menampilkan aksi panggung Kahitna dan Project A (duet Armand Maulana serta Afgansyah Reza alias Afgan).

Konser New Live! Experience merupakan event yang digelar Berlian Entertainment, Mata Elang Productions, dan Mahaka Radio Integra (MARI) yang didukung oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selain itu dari sisi pengawasan terhadap protokol kesehatan, konser ini juga didukung Satuan Tugas Independen Safety Planet yang memastikan penonton tetap aman menikmati konser di dalam mobil secara drive-in tanpa kekhawatiran terhadap penyebaran COVID-19.

Baca Juga:

Rilis Single, Monica Hapsari Persembahan untuk Gerhana Matahari

4. Konser plastik bubble

konser
Konser The Flaming Lips dalam acara The Late Show with Stephen Colbert. (Foto: CBS)

The Flaming Lips bereksperimen dengan melangsungkan pertunjukan di mana semua orang, band dan penonton, berada di dalam bola plastik Zorb. Ide ini hadir dari sketsa yang dicoret-coret vokalis Wayne Coyne selama hari-hari awal pandemi. Band ini pertama kali meluncurkan konsep tersebut selama kunjungan Mei ke acara televisi The Late Show with Stephen Colbert.

"Gelembung luar angkasa" telah lama menjadi bagian dari pertunjukan panggung The Flaming Lips, jadi Coyne dan rekan-rekannya sudah terbiasa dengan serangkaian bola tiup. Setelah menetapkan spesifikasi, band ini memesan 100 gelembung dari Tiongkok, dan acara musik unik pun berlangsung.

Dengan kehadiran beberapa ratus penggemar, The Flaming Lips menampilkan dance remix dari Assassins of Youth dan Brother Eye, sepasang lagu dari LP terbaru mereka, American Head.

5. Konser social distancing

konser
Konser Social Distancing di Virgin Money Unity Arena Inggris. (Foto: cnn)

Ketika beberapa negara mulai melonggarkan lockdown, EO mulai mencari cara untuk memulai kembali industri musik dan menjaga keamanan penggemar. Selah satunya lokasi pop-up baru di Inggris, Virgin Money Unity Arena. Sekitar 2.500 penggemar berkumpul di tempat terbuka pada Agustus lalu dalam penyelenggara acara yang disebut sebagai konser social distancing pertama di Inggris.

Jaga jarak diberlakukan pada saat kedatangan. Mobil diparkir dengan jarak dua meter sebelum pelanggan dipandu ke area pandang pribadi platform mereka sendiri, sementara makanan dan minuman dapat dipesan sebelumnya atau melalui aplikasi untuk pengambilan atau pengiriman.

Tentunya, selain lima bentuk konser musik dia tas, ada potensi bentuk lain atau bahkan mewujudkan konser live biasa. Misalnya, dengan adanya alat tes COVID-19 dengan hasil cepat di pintu kedatangan; pemindai termo, kipas yang menyemprot uap disinfektan, atau gelang interaktif yang bergetar untuk menunjukkan jika jarak sosial dilangar.

Mungkin juga nantinya akan ada teknologi yang dapat menautkan tiket digital ke status vaksin atau tes COVID negatifmu melalui aplikasi ponsel pintar. Apapun bentuknya, kita semua masih bisa menikmati musik-musik asyik tahun depan. (Aru)

Baca Juga:

Kejutkan Penggemar, Fiersa Besari Comback lewat Album '20:20'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kelezatan Kuliner Indonesia Sukses Bikin Artis K-Pop Ketagihan
Fun
Kelezatan Kuliner Indonesia Sukses Bikin Artis K-Pop Ketagihan

Makanan khas Indonesia jadi favorit sederet bintang K-pop.

Surati Presiden Jokowi, Insan Film Indonesia Minta Dukungan
ShowBiz
Surati Presiden Jokowi, Insan Film Indonesia Minta Dukungan

Siap mempertahankan prestasi yang telah diraih.

Staycation di Hotel Mewah Cara Manjakan Diri di Akhir Tahun
Travel
Staycation di Hotel Mewah Cara Manjakan Diri di Akhir Tahun

Hotel bintang 4 hingga 5 menjadi pilihan akomodasi teratas dalam menyambut Tahun Baru 2021.

Rayakan Hari Musik Nasional, Jokowi Sampaikan Pesan Optimisme
ShowBiz
Rayakan Hari Musik Nasional, Jokowi Sampaikan Pesan Optimisme

Semoga industri musik bisa cepat pulih kembali.

10 Aplikasi Kencan Diinstal, Bukti 'Menggila' Cari Jodoh di Tengah Pandemi
Fun
10 Aplikasi Kencan Diinstal, Bukti 'Menggila' Cari Jodoh di Tengah Pandemi

Parno bertemu orang baru bikin pria ini cari jodoh lewat 10 aplikasi kencan.

Mengintip Bocoran Kostum ‘Black Adam’
ShowBiz
Mengintip Bocoran Kostum ‘Black Adam’

Detailnya masih dirahasiakan.

Diprotes, WhatsApp Tunda Kebijakan Privasi Baru
Fun
Whipped Lemonade yang Viral di TikTok
Kuliner
Whipped Lemonade yang Viral di TikTok

Boleh dicoba minuman yang menyegarkan ini.

Belajar Memotret dengan Sempurna di Kelas Fotografi Virtual Nikon
Fun
Belajar Memotret dengan Sempurna di Kelas Fotografi Virtual Nikon

Kelas virtual gratis ini mulai tersedia sejak 23 November sampai akhir tahun 2020.

Pori-Pori Besar Mudah Dihilangkan
Fun
Pori-Pori Besar Mudah Dihilangkan

Cara jitu menghilangkan pori-pori besar.