Musik
Konser 'Rhapsody Nusantara' Gali Kembali Makna Sumpah Pemuda Konser ini diharapkan membangkitkan kembali semangat dan nilai-nilai Sumpah Pemuda. (Foto: Unsplash/Edwin Andrade)

APA relevansi Sumpah Pemuda 1928 dengan kehidupan generasi sekarang ini? Pertanyaan ini sering mengemuka saban dekat hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. Kian hari, generasi kiwari dianggap kian berjarak dengan Sumpah Pemuda. Alhasil makna Sumpah Pemuda pun tenggelam atau terputus.

Banyak pihak mencoba terus menggali dan menyambung makna Sumpah Pemuda dengan kehidupan hari ini. Caranya pun tak melulu monoton seperti ceramah satu arah. Melainkan dengan konser musik.

Inilah yang Pemerintah Kota Surakarta dan Bank Jateng lakukan. Mereka akan menggelar konser Rhapsody Nusantara 2022 di Diamond Solo Convention Center, Jawa Tengah.

Konser digelar bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022. Konser ini diharapkan membangkitkan kembali semangat dan nilai-nilai Sumpah Pemuda.

Baca juga:

Pelajar, Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Mengikuti Kompetisi Ini

"Rhapsody Nusantara itu menghadirkan kembali semangat Sumpah Pemuda, persatuan, dan emansipasi wanita melalui bahasa masa kini," kata Penanggung Jawab Rhapsody Nusantara 2022, Riel Tasmaya, di Surakarta, Rabu (26/10), seperti dilaporkan Antara.

Tasmaya mengatakan, Rhapsody Nusantara mengambil momentum Sumpah Pemuda karena nilai-nilai Sumpah Pemuda tidak boleh dilupakan oleh generasi milenial sekarang.

Rhapsody Nusantara 2022 diharapkan juga mampu menyelaraskan semangat Sumpah Pemuda kepada seluruh hadirin yang menyaksikan.

"Konser Rhapsody Nusantara diharapkan mampu membawa kembali semangat Sumpah Pemuda dan semangat itulah yang membawa kita semua menuju Indonesia Maju," kata Tasmaya.

Konser ini akan berlangsung kurang lebih tiga jam dan dimulai pukul 19.00 WIB. Sejumlah musisi di konser tersebut antara lain orkestra asuhan Singgih Sanjaya, Dira Sugandi, David Bayu, Daniel Kristianto, Sruti Respati, Kenny Gabriel, Michael Jakarimilena, kolompok gamelan Seepra Loyola, Kolintang Gratia, Vocal Erudita, Filda Wibowo, Melati Arumsari, Dewi Pembayun, Ekosdance, dan beberapa pelaku seni dari Kota Solo.

Baca juga:

Peringati Sumpah Pemuda, Keraton Yogyakarta Gelar Pentas Musik Kebangsaan Daring

Tiket konser ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis. Panitia membuka kanal pemesanannya sejak 18 Oktober 2022. Calon penonton bisa memesannya melalui kanal tersebut. Tak perlu waktu lama bagi 1.000 tiket konser ini untuk ludes terpesan.

Menurut Tasmaya, ludesnya tiket dalam waktu singkat membuktikan adanya antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Solo dan sekitarnya.

Sementara itu, Irianto Harko Saputro, Direktur Dana Jasa dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bank Jateng, mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung konser "Rhapsody Nusantara".

Menurutnya, konser "Rhapsody Nusantara" merupakan momentum untuk mengangkat pariwisata dan ekonomi kreatif. "Rhapsody Nusantara" sebagai sinergi antara Pemkot Surakarta dan Bank Jateng, ditujukan pula untuk percepatan pemulihan ekonomi terutama pada sektor industri kreatif di Kota Solo. (dru)

Baca juga:

Menapak Tilas Indekos para Revolusioner di Lokasi Sumpah Pemuda

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Jenis Aromaterapi dan Cara Menggunakannya
Fun
5 Jenis Aromaterapi dan Cara Menggunakannya

Aromaterapi kerap disebut sebagai terapi minyak esensial.

Pasar Beringharjo Jadi Tempat Festival Sastra Yogyakarta 2022
Fun
Pasar Beringharjo Jadi Tempat Festival Sastra Yogyakarta 2022

Sastra pun bisa dinikmati oleh para pelaku pasar tradisional.

Destinasi Wisata di Singapura yang Jadi Favorit Pelancong
Travel
Destinasi Wisata di Singapura yang Jadi Favorit Pelancong

Destinasi wisata yang menawarkan keindgan pengelaman yang berbeda.

Mengintip Kelebihan Reebok Fit to Fit, Sneakers Ramah Penyandang Disabilitas
Fashion
Bergerak dan Terbang Meraih Mimpi untuk Perkembangan Diri
Fun
Bergerak dan Terbang Meraih Mimpi untuk Perkembangan Diri

Setiap hari adalah kesempatan untuk meningkatkan diri.

Pele dan Karya Musiknya
Fun
Pele dan Karya Musiknya

Selain sepakbola, hal lain yang disukai Pele adalah musik.

Alasan Lahirnya Hari Anak Perempuan Sedunia
Fun
Alasan Lahirnya Hari Anak Perempuan Sedunia

perempuan seringkali sulit untuk melakukan apapun yang mereka inginkan.

 30 Menit saja, Tiket Konser Sheila on 7 Ludes
ShowBiz
30 Menit saja, Tiket Konser Sheila on 7 Ludes

Sheila on 7 akan menggelar konser bertajuk 'Tunggu Aku di Jakarta'.

Pusakata Gemetar Tampil Bersama Achmad Albar dan Ian Antono di Jazz Gunung Bromo 2022
Fun
Menghadapi Anggota Keluarga yang Terkena Kanker
Fun
Menghadapi Anggota Keluarga yang Terkena Kanker

Bukan mustahil seseorang akan menjadi stres dan pilu pada anggota keluarganya yang terkena kanker.