Musik
Konser Musik Forest Gets Noise Obati Kerinduan Para Metalhead Forest Gets Noise suguhkan konser musik dengan konsep yang unik (Foto: instagram @bogorbrutalfest

MUSISI merupakan salah satu dari seian banyak yang terdampak pandemi COVID-19. Hampir semua konser musik dilarang digelar. Ini demi protokol kesehatan yang dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak para musisi memilih untuk melakukan konser virtual, sebagai pengganti konser live. Namun, tak dipungkiri sensasi melihat konser virtual dengan konser live tentu sangat jauh berbeda. Bahkan tak sedikit orang yang malas untuk melihat konser virtual, karena tak bisa merasakan suasana 'the real' konser.

Baca Juga:

Synchronize Fest di TV Nasional? Ini Tanggapan Para Penikmat Musik

Forest Gets Noise menyuguhkan pengalaman konser musik yang spektakuler (Foto: instagram @bogorbrutalfest)

Melihat keresahan tersebut, sejumlah musisi underground dan EO dari Bogor Brutal Fest, mencoba melakukan sebuah movement yang bisa mengobati kerinduan para metalhead, untuk menyaksikan sebuah konser live. Hingga akhirnya tercetuslah event Forest Gets Noise.

"Event ini tergerak karena kita sebagai musisi band indie label atau musisi underground enggak punya perkembangan regulasi untuk menggelar konser di kota. Karena enggak ada yang mengurus itu sama sekali," jelas Eggi Pradia, panitia event Forest Get Noise.

Eggi menambahkan, "Kita ngerasa kalau selamanya begini kita enggak bisa berpromosi, aktivitas untuk konser juga hampir enggak ada, justru yang lebih banyak berkembang sekarang virtual,"

Konser ini mengusung sebuah konsep unik, para penonton akan disuguhkan konsep camping outdoor dengan distrosi super extreme dari sejumlah band metal ternama Tanah Air. Juga dikelilingi pemandangan alam yang indah, dari mulai gunung, sungai, hingga air terjun.

Konser ini adalah pergerakan luar biasa, karena menjadi konser musik di hutan/outdoor pertama yang digelar saat pandemi COVID-19.

Baca Juga:

Cara Robi 'Navicula' Bertahan di Industri Musik Saat Pandemi Virus Corona

band
Band Slfr yang mengisi konser metal ini. (Foto: metallagi)

Pada event yang akan digelar tanggal 21-22 November 2020, penonton akan suguhkan oleh konser musik di tengah alam yang indah, BBQ Party, dan camping di tempat yang dinamakan 666 area.

Perihal lokasi acara, pihak panitia sengaja tak mengumumkannya. Panitia hanya memberikan informasi khusus untuk orang-orang yang sudah membeli tiket. Selain itu, pihak panitia juga tak menyediakan tiket on the spot, guna mencegah membludaknya penonton yang hadir.

Untuk tiketnya dimulai dari harga Rp100 ribu untuk fase pertama penjualan. Sementara pada Fase kedua Rp125 ribu. Menariknya tiket fase pertama yang terjual 150 tiket hanya dalam waktu 3 hari. Sementara untuk jumlah penonton sendiri dibatasi hanya 200 penonton saja.

Harga tiket tersebut sudah termasuk tiket wisata area perkemahan 2 hari 1 malam, tenda berkemah dengan kapasitas 2-4 orang per tenda, BBQ Party, soft drink, sticker, jas hujan plastik dan masker.

Sementara itu untuk lineup yang akan tampil pun cukup terbatas, yakni hanya 20 band saja. Hal itu dimaksudkan agar konser lebih privasi dan intimate. Forest Gets Noise sendiri mendapat respon yang cukup baik, terbukti dari jumlah band yang mendaftar melebihi jumlah kuota yang ditetapkan oleh panitia.

"Kita enggak nyangka antusiasnya luar biasa, yang masuk sebenarnya lebih dari 50 band, tapi kita batasi cuma 20, enggak ada kurasi sih, cuma main kuota aja, siapa yang daftar duluan dia yang bisa main," tutur Eggi.

Adapun band-band yang tampil di Forest Gets Noise berasal dari wilayah yang berbeda, dari mulai Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang hingga Bekasi. Sementara untuk aliran band yang tampil terdiri dari death metal, punk dan aliran cadas lainnya.

Beberapa band yang akan mengguncang Forest Gets Noise antara lain yakni Viscral, Slfr, Dirty Ass, Busuk, Domination, Downstone dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

3 Lagu Untuk Kamu yang Lelah Menjalani HTS

Viscral, salah satu band metal ternama Indonesia yang akan tampil di Forest Gets Noise (Foto: instagram @bogorbrutalfest)

Nantinya setiap band yang tampil diberikan durasi 30 menit hingga 1 jam. Dengan durasi yang cukup lama tersebut, masing-masing band tentunya lebih leluasa untuk mengeksplor penampilan dan membawakan banyak lagu.

Satu hal yang kerap dipertanyakan pada konser musik di situasi pandemi ialah soal perizinan. Mengenai hal itu, Eggi Pradia selaku pihak panitia menjelaskan bahwa sudah mendapat izin dari pengelola wisata.

"Karena sifat eventnya di alam terbuka, tentunya enggak bikin kegaduhan jadi aman, dan pihak pengelola tempat wisata juga sudah memberikan izin," kata Eggi.

Disaat situasi pandemi ini, demi keamanan dan kesehatan para penonton, pihak panitia mewajibkan para penonton untuk memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan.

Satu hal yang paling penting, pihak panitia menyediakan banyak tempat sampah, karena panitia ingin mengedukasi pentonton bahwa di gunung harus menjaga kebersihan.

Buat Eggi event Forest Gets Noise ini bukan untuk mencari keuntungan, tapi trigger untuk para musisi underground bahwa mereka masih bisa bergerak. (Ryn)

Baca Juga:

Erros Djarot Ajak Tokoh dan Musisi Indonesia Galang Dana Lewat Lagu Kemanusiaan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
CV Tetap Menarik Meski Kena PHK Karena Pandemi
Fun
Guano Ternyata Bernilai Miliaran Dolar
Fun
Guano Ternyata Bernilai Miliaran Dolar

Menurunnya populasi burung laut menurunkan kuantitas guano.

3 Sneakers Keren Layak Dimiliki
Fun
Goosebumps Akan Diadaptasikan Menjadi Serial TV Live-Action Oleh Sony dan Scholastic
ShowBiz
BTS Sumbangkan Kostum 'Life Goes On' untuk Acara Pelelangan Grammy
ShowBiz
BTS Sumbangkan Kostum 'Life Goes On' untuk Acara Pelelangan Grammy

Diperkirakan akan laku terjual sebesar US$30.000 atau setara dengan Rp431,1 juta.

Juara Dunia PUBG Perkuat EVOS
Fun
Juara Dunia PUBG Perkuat EVOS

EVOS semakin kuat dengan kehadiran sang juara dunia.

SpongeBob, Anggota Terbaru Komunitas LGBTQ
ShowBiz
SpongeBob, Anggota Terbaru Komunitas LGBTQ

Diumumkan tepat di masa Pride Month.

Fashionlink x BLCKVNUE Hadir Kembali di Acara Jakarta Fashion Week 2021
Fashion
Fashionlink x BLCKVNUE Hadir Kembali di Acara Jakarta Fashion Week 2021

Michelle pun menjelaskan sustainable materials dibuat dari kain yang berasal dari limbah kapas pabrik tekstil.

Aransemen Spesial Tuan Tigabelas untuk 'Asian Sound Syndicate at Home'
ShowBiz
Aransemen Spesial Tuan Tigabelas untuk 'Asian Sound Syndicate at Home'

Tuan Tigabelas akan sajikan musik se-Indonesia mungkin di Asian Sound Syndicate at Home.

Ada Platform Khusus untuk Para Penghobi di Masa Pandemi
Fun
Ada Platform Khusus untuk Para Penghobi di Masa Pandemi

Platform bernama IndoHobi.id ini akan membuat pencinta hobi dimanapun berada bisa berkumpul lewat aplikasi maupun website.