Konser Hari Pertama NCT 127 Dihentikan, Sandiaga: Penonton Kurang Dapat Edukasi

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 06 November 2022
Konser Hari Pertama NCT 127 Dihentikan, Sandiaga: Penonton Kurang Dapat Edukasi
Menparekraf Sandiaga Uno membuka Rakornas Genpi 34 provinsi di Hotel Novotel, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (5/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyoroti dihentikannya konser hari pertama NCT 127 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Jumat (4/11) malam, usai 30 penonton pingsan.

Sandiaga menilai, kejadian itu tidak akan terjadi jika penonton mendapatkan edukasi baik soal Music Tourism atau wisata musik.

Baca Juga

Detik-Detik Konser NCT 127 Hari Pertama Dihentikan, Kesaksian Jurnalis Merahputih.com

"Hanya karena ada beberapa penonton yang kurang mendapatkan edukasi serta antusias penonton konser, membuat 85 persen penonton lainnya kena dampak dihentikannya konser," tutur Sandiaga di Hotel Novotel, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (5/11).

Diakuinya saat ini sedang gencarnya Music Tourism. Terlebih, sudah dua tahun lamanya tidak bisa menggelar konser musik karena pandemi COVID-19

"Generasi Pesona Indonesia (Genpi) bisa ambil peran bersinergi memberikan edukasi pada penonton konser agar Music Tourism berjalan baik, misal jalur evakuasi, tata penonton konser, dan larangan apa saja tidak boleh dilakukan di konser," ucap dia.

Baca Juga

Penonton Pingsan, Konser Hari Pertama NCT 127 Dihentikan

Sandiaga menegaskan, Indonesia naik 12 peringkat menjadi ranking 32 dari 117 negara dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) tahun 2021, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh World Economy Forum pada bulan Mei 2022.

"Di Asia Tenggara, Indonesia masuk di posisi yang sangat bergengsi, karena berhasil melampaui capaian dari negara-negara tetangga, seperti Thailand dan Malaysia. Ini juga ada peran bersama pelaku wisata termasuk Genpi," tegas dia.

Ia menambahkan, dengan meningkatnya wisata di Indonesia, diharapkan pada 2022 mampu menciptakan lapangan kerja baru 1,1 juta orang. Kemudian pada 2024 menciptakan lapangan kerja 4,4 juta orang. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

Konser Hari Kedua NCT 127, Promotor Tingkatkan Pengamanan

#Sandiaga Uno #NCT 127
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan