Konsepindo: Jokowi Dipilih Responden Berpendidikan Rendah Jokowi dan Prabowo. (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Pasangan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandi banyak dipilih oleh orang-orang yang berpendidikan tinggi dan penghasilan tinggi. Hal ini dipaparkan oleh hasil survei Konsep Indonesia (Konsepindo).

"Responden yang berpendidikan dan berpenghasilan tinggi cenderung memilih Prabowo ketimbang Jokowi. sebaliknya yang ke Jokowi kalau level pendidikan SMA kebawah," kata Direktur Konsepindo, Veri Muhlis Arifuzzaman di Hotel Milenium, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (13/3).

Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman. Foto: MP/ Kanugrahan SJ
Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman. Foto: MP/ Kanugrahan SJ

Arif sapaan akrabnya melanjutkan, responden yang mendukung Jokowi-Amin kebanyakan berpenghasilan di bawah Rp 5 juta. Mereka biasanya masyarakat dari kalangan mayoritas pada level nelayan, petani.

"Tentu ini penting juga dikonfirmasi hasil survei lainnya. hasil survei kami di LIPI urang lebih sama lah," jelas dia.

Jika merujuk ke perkumpulan yang memilih, Arif mengatakan paslon Jokowi-Amin unggul di kalanang Muhammadiyah. Namun, NU yang diasosiasikan kepada paslon nomor urut 01 itu, ternyata tidak begitu dominan.

"Jadi masih ada peluang bagi BPN mencari simpati di kalangan nahdliyin supaya dukungan ke Prabowo sandi meningkat di Jawa. sebab konsentrasi Nahdliyin itu di Jawa," sarannya.

Survei Konsepindo dilakukan dengan melibatkan 1200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,9%. (Knu)

Baca Juga: Survei Konsepindo: Jika Pemilu Diadakan Hari ini, Jokowi Tumbangkan Prabowo



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH