Tak lagi Sama, Bagini Penampakan Kabin Jet Komersial Masa Depan Desain terbaru jet masa depan yang dinamai Pure Skies. (Foto: dezeen)

PERJALANAN udara internasional mungkin tidak akan kembali normal hingga 2024. Namun, siapa yang butuh 'normal' jika penerbangan massal nantinya bisa dilakukan dengan inovasi terbaru yang lebih aman bagi para penumpang?

Perusahaan desain Inggris PriestmanGoode merilis desain terbaru pesawat komersial masa depan. Desain itu dinamai Pure Skies. Perusahaan itu pernah mendesain wahana berbentuk balon yang akan dipakai terbang ke angkasa luar.

Baca juga:

Perangkat Teknologi Sinar UV Diuji untuk Tangani Virus di Pesawat

1
Baki lipat diganti dengan model clip-on. (Foto: urdesignmag)

Untuk konsep ulang kelas ekonomi, disematkan nama Pure Skies Zones--yang merupakan sistem kelas di abad ke-20--PriestmanGoode memperkenalkan sekat pembatas full-height ke dalam kabin. Hal itu untuk memastikan pembatasan diterapkan secara ketat. Beberapa kursi diatur sedemikian rupa untuk memaksimalkan sensasi layaknya ruang pribadi.

Tepian kursi diubah menjadi permukaan mengilap yang lebih mudah dibersihkan. Layar hiburan dalam penerbangan diganti dengan ruangan untuk menghubungkan telepon kamu sendiri. Baki lipat model konvensional akan diganti dengan versi clip-on yang langsung diambil dari troli.

Kelas bisnis namanya berganti menjadi Pure Skies Rooms. Sama seperti saat ini, semuanya di kelas ini menjadi semakin mewah. Setiap kursi merupakan ruang pribadi individu dengan tirai untuk menutupi diri dari sesama penumpang. Penumpang juga mendapatkan lemari pakaian pribadi dan ruang ganti overhead. Tidak ketinggalan layar hiburan pribadi berukuran besar yang dapat disinkronkan ke ponsel selama penerbangan.

Baca juga:

Kursi Pesawat Bertingkat untuk New Normal Penerbangan

2
Kelas 'Pure Skies Rooms' tersedia layar hiburan pribadi ukuran besar. (Foto: dezeen)

Dilansir laman Time Out, proposal tersebut mencakup bahan dan pelapis antimikroba. Pilihan bahan yang tepat bertujuan meyakinkan para pelancong tentang keamanan perjalanan dengan pesawat. "Kami tidak hanya merenspons kecemasan saat pandemi, tapi juga mencoba memastikan solusi kami bisa digunakan di masa depan. Menghadapi pandemi yang akan datang," kata perusahaan.

Perlu digarisbawahi, ini hanyalah sebuah konsep. Butuh waktu bertahun-tahun untuk merealisasikan desain ini. (lgi)

Baca juga:

Desain Terbaru Kursi Pesawat "Social Distancing", Normal Baru Usai Pandemi COVID-19

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH