Konsep Baru di Ijen Summer Jazz 2018 Instagram/ijensummerjazz

nstagram.com/ijensummerjazzPAGELARAN musik alam terbuka Jazz Gunung Ijen atau Ijen Summer Jazz sudah menjadi ikon festival di Banyuwangi. Pagelaran tersebut begitu ditunggu-tunggu para pecinta musik yang juga memiliki kecintaan keindahan alam.

Untuk tahun ini, Ijen Summer Jazz akan digelar pada 22 September. Di tahun ketiga ini, Ijen Summer Jazz mengusung konsep dekorasi baru. yaitu pemandangan sawah dengan ratusan patung terakota atau tembikar.

Lokasi gelaran Ijen Summer Jazz adalah di Jiwa Jawa Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Ijen Summer Jazz digagas dan dikelola Jazz Gunung Indonesia (JGI). Perusahaan pertunjukan ini juga menggelar Jazz Gunung Bromo sejak 2008. Pagelaran jazz sehari ini telah digelar empat kali sejak 2016. Pada tahun pertama, pertunjukan digelar tiga kali.

Menurut keterangan pers yang diterima, Ijen Summer Jazz 2018 mengambil lokasi Jiwa Jawa Resort Ijen. Namun, acara dipusatkan di Amfiteater Taman Gandrung Terakota, yang mana punya area lebih luas dan menawarkan pemandangan berbeda.

Di situ, sembari menikmati jazz, penonton bisa melihat ratusan patung tembikar berwujud penari gandrung yang tersebar di area persawahan setinggi 600 mdpl.

ijen
Instagram.com/ijensummerjazz

Gandrung adalah salah satu tari klasik khas Banyuwangi. Tarian ini biasanya dibawakan sebagai wujud syukur masyarakat setempat atas panen hasil pertanian. Penarinya mengenakan pakaian dengan selendang panjang dan kipas di tangan.

Sosok penari gandrung perempuan diabadikan dalam sejumlah patung di kawasan Banyuwangi. Salah satu yang populer adalah patung besar berwarna dominan merah, yang bisa ditemukan di pinggir Jalan Situbondo-Banyuwangi, dekat Pantai Watudodol.

Belum ada informasi lanjut seberapa besar ratusan patung gandrung yang hendak dipamerkan dalam Ijen Summer Jazz 2018. Namun bisa dibayangkan pemandangan magis yang bisa tampak.

Ijen Summer Jazz 2018 akan selama sehari pada Sabtu, 22 September 2018. Sejumlah penampil utama antara lain Andien, Shadow Puppets yang akan tampil bersama Marcell Siahaan, serta Idang Rasjidi & The Next Generation bersama Mus Mujiono dan Sastrani. Pagelaran dimulai sejak sore dan dibuka dengan penampilan Sendratari Meras Gandrung pimpinan Haidi Bing Slamet.

ijen summer jazz
Instagram.com/ijensummerjazz

Bagaimana cara menuju ke sana?

Bila menggunakan moda transportasi udara, Anda bisa langsung menuju Bandara Banyuwangi. Bisa melalui Jakarta, Surabaya, atau Bali. Dari Bandara Banyuwangi, Anda dapat langsung menggunakan taksi menuju Jiwa Jawa Resort Ijen.

Nah, bila menggunakan transportasi kereta api, Anda bisa menggunakan Kereta Mutiara Siang dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Stasiun Karang Asem. Dari Stasiun Karang Asem bisa melanjutkan perjalanan ke Jiwa Jawa Resort Ijen menggunakan taksi. (*)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh