Kongres V PDIP Ditutup dengan Perayaan Idul Adha

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 02 Agustus 2019
Kongres V PDIP Ditutup dengan Perayaan Idul Adha
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.com - PDI Perjuangan akan menutup rangkaian acara kongres V dengan perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus.

Menurut Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, kongres partai akan dimulai pada 8 Agustus dengan dihadiri oleh puluhan ribu kader PDI Perjuangan serta tamu undangan. Di acara kongres itu, selain sebagai peristiwa politik, juga merupakan peristiwa kebudayaan dengan berbagai tampilan atraksi kebudayaan.

Baca Juga: Jokowi Bakal Hadiri Kongres PDIP

Namun, kongres PDIP ternyata juga menampilkan sisi spiritualitas dan keagamaan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

"Karena kongres akan ditutup pada tanggal 10 Agustus dan 11 Agustus bertepatan Idul Adha, kami akan menutup seluruh rangkaian kongres dengan mengucapkan syukur bersama-sama, mempersembahkan hewan kurban dan akan dilaksanakan sholat Idul Adha di Bali," jelas Hasto Kristiyanto, di sela kunjungan terhadap pelaksanaan persiapan kongres di Sanur, Bali, Jumat (2/8).

 Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (MP/Budi Lentera)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (MP/Budi Lentera)

Rencananya, akan ada sejumlah ekor kambing dan kerbau yang akan dikurbankan. Semuanya merupakan hasil gotong royong kader PDIP.

Baca Juga: Megawati Pertimbangkan Bentuk Ketua Harian PDIP

"Karena kita menghormati dari masyarakat Hindu, sehingga khusus di Bali ini, hewan kurban dari kambing dan domba serta kerbau," imbuh Hasto.

Sementara Ketua Organizing Commitee Kongres V PDIP, I Wayan Koster, menjelaskan acara Idul Adha akan dilaksanakan sejak pukul 06.00 WITA bertempat di Masjid Al-Ihsaan Grand Inna Bali Beach.

Peserta salat diperkirakan berjumlah 1500-an orang dengan melibatkan umat Muslim setempat serta tokoh masyarakat. Selain itu akan diundang pimpinan MUI, Nahdatul Ulama, dan Muhammadiyah di Bali.

Baca Juga: Hasto Jelaskan Kenapa Prabowo Diundang ke Kongres PDI Perjuangan

"Perayaan kali ini bertema Ibadah Kurban Membentuk Orang Ber-Taqwa. Akan dilakukan secara simbolis hewan kurban oleh DPP PDI Perjuangan kepada umat Islam setempat," kata Koster. (Knu)

#PDI Perjuangan #Kongres PDIP #Hasto Kristiyanto
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan