Kongres Meksiko Setujui Penggunaan Ganja untuk Pengobatan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 30 April 2017
Kongres Meksiko Setujui Penggunaan Ganja untuk Pengobatan
Ilustrasi. (Pinterest)

Kongres Tingkat Rendah Meksiko mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) untuk melegalkan penggunaan ganja bagi kepentingan pengobatan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Pengesahan merupakan satu langkah terakhir menuju legalisasi penggunaan ganja bagi pengobatan di negara, yang telah sekian lama dilanda perang antara kartel-kartel narkoba, itu.

RUU tersebut sudah disetujui oleh Senat pada Desember dan sekarang akan disampaikan kepada Presiden Enrique Pena Nieto untuk disahkan.

"Peraturan itu menghapus larangan dan kriminalisasi terhadap tindakan yang berhubungan dengan penggunaan ganja bagi pengobatan serta penelitian keilmuan, juga yang berhubungan dengan produksi dan penyaluran tanaman (ganja) untuk kepentingan-kepentingan ini," kata Kongres Tingkat Rendah melalui pernyataan di lamannya.

RUU disahkan setelah pemungutan suara di majelis itu menghasilkan 371 suara mendukung, tujuh menentang dan 11 abstain.

Berdasarkan pengesahan, unsur psikoaktif pada ganja, yaitu tetrahidrocannabinol (THC), sekarang dikategorikan sebagai bahan terapis.

Pena Nieto mengatakan penggunaan ganja harus dibahas sebagai masalah kesehatan masyarakat dan penggunaannya tidak boleh dianggap sebagai tindakan kejahatan.

Sumber: ANTARA

#Meksiko #LegalisasiGanja
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan