Konflik Rohingya, Rieke: Jangan Menjalar ke Indonesia Politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka usai menggelar aksi solidaritas untuk Rohingya di Gedung Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (12/9). (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka menyerukan seluruh elemen bangsa khususnya pemuka agama menjaga kesolidan dan kerukunan umat.

Hal itu dinyatakan Rieke menyusul terjadinya pembunuhan dan pengusiran muslim Rohingya dari Rakhine Myanmar oleh militer yang didukung ekstrimis Buddha.

"Kita juga merajut toleransi keberagaman kita sendiri, kita tidak ingin ada perpecahan di Rohingya myanmar di negara apa pun, tapi tentu saja kami tidak ingin ada perpecahan pertengkaran di indonesia," kata dia usai menggelar aksi solidaritas untuk Rohingya di Gedung Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

Dia berharap, konflik di Rohingya Myanmar tidak menjadi pemicu retaknya hubungan harmonis anak bangsa.

"Indonesia tetap menjadi NKRI yang damai dan kita sama-sama kembali fokus bekerja untuk memberikan yang terbaik hal-hal yang penting bagi rakyat indonesia," katanya.

Sebab, seluruh elemen bangsa, khususnya anak muda harus mendesak pemerintah menghimpun ASEAN untuk turut berperan menghentikan penindasan etnis Rohingya.

"Kita mendesak pemerintah, ASEAN dan PBB untuk segera turun tangan menghentikan konflik Rohingya Myanmar," katanya.

Dalam aksi solidaritas untuk Rohingya, sejumlah tokoh agama dan organisasi kepemudaan juga membubuhi tanda tangan sebagai bentuk penolakan terhadap aksi brutal militer Myanmar.

"Dalam ajaran agama mana pun tidak pernah diajarkan kekerasan terhadap manusia," tandas. (Fdi)

Baca berita terkait muslim Rohingya lainnya di: Rieke Diah Pitaloka Gelar Aksi Solidaritas Rohingya



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH