Konflik Pilkada, Gubernur Soekarwo Minta Diselesaikan ala Jawa Timuran Gubernur Soekarwo saat Rakor Pilkada Serentak 2018 di Surabaya. (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Konflik Pilkada Jawa Timur harus diselesaikan dengan gaya Jawa Timuran. Sebab, Jawa Timur untuk Jawa Timur, bukan untuk provinsi lain. Hal ini ditegaskan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat menghadiri Rapat Koordinasi terkait Pilkada Serentak 2018 di Surabaya.

"Jawa Timur itu berbeda dengan provinsi lain. Jawa Timur punya ciri khas sendiri dalam menyelesaikan semua persoalan, termasuk konflik Pilkada. Caranya, dengan gaya Jawa Timuran," kata Soekarwo, Senin (13/11).

Di hadapan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur tersebut, Soekarwo juga menjelaskan di Pilkada serentak nanti Jawa Timur harus mampu menjalankan proses demokrasi sesuai ciri khasnya sendiri. Pencegahan dininya, lanjut Soekarwo, konflik kecil harus dilakukan di tingkat kelurahan/desa dan diselesaikan di tingkat kecamatan.

"Cara lain dalam menangani setiap apa pun persoalan, termasuk pesta demokrasi, Jawa Timur punya kultur sendiri. Wartawan sebagai tiang demokrasi keempat, kalau ada masalah pun dengan dialog, dan kulturnya wartawan se-Jawa Timur sudah paling top,” kata gubernur yang akrab disebut Pakde Karwo itu.

Sementara di tempat yang sama, Kapolda Jawa Timur Irjen (Pol) Machfud Arifin menyampaikan, pada pelaksanaan Pilkada serentak nanti, untuk masalah pengamanan pihaknya akan menyiapkan 2/3 kekuatan yang dibantu TNI.

"Jika mengacu pada pilkada-pilkada sebelumnya, ada beberapa daerah yang menjadi atensinya. Seperti kawasan Tapal Kuda. Sebab, di beberapa daerah ini rawan konflik," Machfud Arifin.

“Ke depan, kita akan lebih waspada lagi dan dilakukan kesadaran masyarakat yang baik. Termasuk mengantisipasi keinginan Pilkada yang ada Ibu Kota akan dibawa ke sini ” tegas Machfud.

Diketahui, yang hadir dalam kegiatan tersebut, selain Gubernur dan Kapolda Jatim, juga hadir pula Mayjen (TNI) Kustanto Widiatmoko selaku Pangdam V Brawijaya, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Rudi Wibowo dan Ketua KPU Jatim Eko Sasmito. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Bu Risma Minta Bantuan Polda Jatim, Ada Apa Bu?

Kredit : budilentera


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH