Kondisi 138 WNI di Ukraina Tetap Tenang

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 16 Februari 2022
Kondisi 138 WNI di Ukraina Tetap Tenang
Bendera kebangsaan Ukraina. Foto: Oleg Petrasiuk

MerahPutih.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kiev memastikan, kondisi di Ukraina masih relatif kondusif. Bahkan, para warga negara Indonesia (WNI) di sana dalam keadaan aman di tengah ketegangan negara itu dengan Rusia.

"Warga setempat terlihat tetap tenang, tidak ada panic buying atau rush mengambil uang di bank setempat," kata KBRI Kiev dalam sebuah pernyataan, Rabu (16/2).

Baca Juga

Inggris Siagakan 1000 Tentara Hadapi Krisis Ukraina Rusia

Menurut pantauan KBRI Kiev, beberapa perwakilan asing di Ukraina memang mengimbau warganya yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk dapat meninggalkan negara itu dan kembali pulang. Namun hal tersebut masih sebatas imbauan.

"Hingga hari ini tidak ada perwakilan asing yang secara aktif mengevakuasi warganya keluar Ukraina," kata KBRI Kiev.

Berdasarkan data KBRI Kiev, saat ini terdapat 138 WNI yang berada di Ukraina. Angka itu turun dari angka sebelumnya 148 orang.

Baca Juga

Ukraina dan Rusia Tegang, AS Kirim Pasukan ke Eropa Timur

Hal itu karena sebagian WNI yang melakukan perjalanan sementara ke Ukraina telah pulang kembali ke Indonesia. KBRI Kiev mengatakan terus menjalin komunikasi dengan para WNI di Ukraina.

"Mereka (para WNI) saat ini dalam kondisi aman, sehat dan tetap tenang," kata pernyataan KBRI Kiev.

Pihak KBRI Kiev juga mengimbau agar para WNI selalu waspada dan selalu memantau informasi resmi yang disampaikan otoritas setempat.

Jika terdapat kondisi mendesak, WNI di Ukraina diimbau untuk segera menghubungi hotline KBRI Kiev pada nomor +380 503347917. (Knu)

Baca Juga

Rusia-Ukraina Makin Panas, Finlandia Ikut Tegang

#Ukraina #Konflik Ukraina #Russia #WNI
Bagikan
Bagikan