Kondisi Udara Sydney saat Ini Sama Buruknya dengan Merokok 34 Batang Per Hari Kualitas udara sangat buruk di Sydney. (Foto: egypt independent)

AUSTRALIA masih menjadi destinasi liburan favorit, tak terkecuali orang Indonesia. Tidak hanya berlibur, ada juga orangtua yang ingin mengunjungi anak mereka yang melanjutkan pendidikan di Negeri Kangguru ini. Namun dengan kualitas udara buruk di Sydney saat ini, tampaknya kamu harus melewatkan atraksi menarik bermain di pantai Bondi serta bbq menjelang natal bersama kerabat maupun keluarga.

Kondisi ini terjadi akibat kebakaran hutan yang terjadi di 81 titik, 36 di antaranya masih belum bisa di antisipasi. Melansir laman reuters, salah satu titik yang terkena dampak kebakaran ini adalah taman nasional dan margasatwa yang berlokasi dekat dengan pemukiman penduduk.

Baca juga:

Kabut Asap Melanda, Begini Cara Melindungi Kesehatan dari Polusi Udara

Tidak hanya di Sydney, angin barat telah berhasil membawa abu yang menyebabkan kabut asap ke daerah Brisbane. Angin barat juga diperkirakan akan membuat cuaca di kedua kota tersebut sangat panas dan terik sampai beberapa waktu kedepan.

1. Jangan percaya prediksi cuaca Google

Polusi Udara Sydney saat Ini Setara Merokok 34 Batang Per Hari
Hindari keluar rumah sebisa mungkin. (Foto: WSVN)

Dilansir dari laman Forbes, laporan cuaca di Google akan memprediksikan Sydney dengan matahari yang cerah dan awan ringan selama satu minggu kedepan dengan kisaran suhu antara 17 Celsius sampai 30 Celsius.

Kenyataannya, apa yang dialami oleh orang-orang yang tinggal di Sydney saat ini adalah kualitas udara yang sangat buruk sehingga menganggu aktivitas harian mereka. Bahkan, terkadang kamu tidak bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam akibat kabut asap tebal yang menutupi langit.

2. Hujan abu

Polusi Udara Sydney saat Ini Setara Merokok 34 Batang Per Hari
Partikel abu yang mendarat di jemuran baju orang Sydney. (Foto: news.com.au)

Langit di Sydney telah tertutup oleh kabut asap yang diakibatkan oleh partikel abu dalam beberapa waktu terakhir.Kini, partikel abu yang lebih besar mulai berjatuhan dan turun ke tanah.

Dilansir dari laman news.com.au, mereka yang tinggal di Sydney melaporkan bahwa ketika mereka ingin mengangkat jemuran, terlihat abu yang berukuran cukup besar pada permukaan pakaian mereka.

Tom Saunders, seorang ahli meteorologi di Sky News Weather Channel menyatakan bahwa partikel berwarna putih dan hitam telah melekat pada kaos kaki dan atasan. Keluhan ini juga telah banyak dikeluhkan di Twitter oleh mereka yang mengalami hal yang sama.

Biasanya, partikel asap dan abu telah menjadi alat ukur untuk menilai tingkat kualitas udara. Ketika bongkahan abu yang sebenarnya telah jatuh ke permukaan tanah, maka dapat dipastikan bahwa kondisi dan kualitas udara sudah sangat buruk.

Baca juga:

Polusi Udara Menyebabkan Tiga Gangguan Pernapasan

3. Setara dengan merokok 34 batang per hari

Polusi Udara Sydney saat Ini Setara Merokok 34 Batang Per Hari
Kabut asap telah sampai ke Brisbane. (Foto: Metro)

Laman news.com.au melaporkan bahwa kualitas udara mengerikan yang ada di Sydney setara dengan merokok 34 batang per hari.Pada Selasa (3/12), dikatakan bahwa polusi udara di Sydney mencapai puncak terparahnya.

Kabut asap mulai terasa perih di mata. New South Wales Department of Environment menyatakan bahwa kualitas udara di Sydney tiga kali lebih parah dari periode apapun selama lima tahun terakhir.

4. Hindari kegiatan luar rumah

Polusi Udara Sydney saat Ini Setara Merokok 34 Batang Per Hari
Kebakaran hutan di Australia menjadi penyebab kabut asap di Sydney. (Foto: Blue Mountains Gazette)

Nampaknya kamu tidak bisa menikmati liburan di pantai indah Sydney, Australia. Sotiris Vardoulakis, profesor Global Health di Australian National University menghimbau untuk sebisa mungkin berkegiatan di dalam ruangan saja.

Bagi anak-anak, orang tua, dan mereka yang memiliki gangguan kesehatan jantung dan paru-paru sebaiknya menghindari kegiatan diluar rumah seperti jogging atau mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan.

5. Tips untuk mereka yang sedang travelling

Polusi Udara Sydney saat Ini Setara Merokok 34 Batang Per Hari
Gunakan masker ketika keluar ruangan. (Foto: Yahoo News Australia)

Jika kamu sedang berada di Sydney, Dr. Cowie menyarankan untuk tetap berada di dalam ruangan, tutup pintu dan jendela, dan gunakan pendingin ruangan dengan mode air recycling. Kamu juga bisa menggunakan air purifiers dengan filter HEPA dan menggunakan masker jika harus berpergian keluar. (Shn)

Baca juga:

Mencegah Polusi, 4 Kota di Dunia Ini Ambil Langkah Selamatkan Bumi


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH