Biar Bercinta Makin Klimaks, Jangan Lupa 'Ngobrol' Komunikasi saat bercinta untuk mendapat kepuasan maksimal (Foto: Pixabay/366308)

BERBICARA perihal bercinta dengan pasangan adalah suatu hal yang krusial dalam sebuah hubungan. Melansir health, penelitian baru menemukan bahwa kamu perlu melakukan komunikasi saat melakukannya, bukan hanya sebelum atau sesudah bercinta.

Benar adanya, puas tidaknya kamu di atas ranjang akan berpengaruh pada mood sehari-hari. Penelitian baru menemukan bahwa semakin komunikatif kamu di atas ranjang saat melakukannya, itu akan membuat kegiatan bercinta jadi lebih memuaskan.

Para peneliti menganalisis kehidupan seks 398 orang untuk penelitian ini, yang kemudian diterbitkan dalam Journal of Sex & Marital Therapy. Responden diberikan pertanyaan: Apakah komunikasi saat bercinta, baik verbal maupun nonverbal, berpengaruh pada "kepuasan"? Para peneliti menemukan jwaban bahwa sebenarnya ada korelasi antara keduanya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih banyak komunikasi saat bercinta (baik verbal dan nonverbal oleh diri sendiri, dan komunikasi nonverbal dengan pasangan) dikaitkan dengan kepuasan yang lebih besar.

Laporan tersebut menekankan bahwa ada kurangnya investigasi ilmiah dalam hal manfaat komunikasi saat bercinta. "Penelitian sebelumnya telah berfokus pada komunikasi sebelum dan komunikasi setelah bercinta, tetapi komunikasi saat bercinta adalah bidang penelitian komunikasi seksual yang terabaikan," catat peneliti.

Komunikasi saat Bercinta akan Membuatnya Jadi Lebih Memuaskan
Lakukan komunikasi baik verbal maupun non-verbal saat bercinta (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Untuk memastikannya, peneliti menelaah lebih jauh. Setelah diteliti komunikasi saat bercinta dapat bermanfaat bagi hubungan kamu secara keseluruhan, serta kepuasan seksual. Pada gilirannya penemuan baru ini bisa digunakan sebagai pendidikan untuk terapi hubungan pasangan.

Jenis komunikasi saat bercinta yang kamu sukai terkait dengan tipe kepribadianmu. Misalnya, karena banyak pasangan mungkin merasa tidak nyaman dengan komunikasi langsung dan verbal tentang kenikmatan seksual, terapis dan konselor dapat merekomendasikan bahwa, selama bercinta, komunikasi nonverbal juga dapat digunakan untuk membantu komunikasi tentang kesenangan dan meningkatkan kepuasan seksual.

Baca juga:

Bila Kehidupan Bercinta Tak Mulus, Komunikasikan!

Cukup Bercinta Minimal Seminggu Sekali, Maka Kamu akan Bahagia

Penelitian baru juga memberikan tips tambahan untuk mereka yang berusaha untuk memperbaiki kehidupan seksual. Cobalah melupakan peran tradisional dan menjadi kreatif. Mendorong diskusi yang luas tentang kepatuhan budaya kita terhadap cara bercinta tradisional atau peran peran stereotip gender selama bercinta, dapat memungkinkan peningkatan komunikasi tentang kesenangan, keinginan dan kebutuhan seksual, dan selanjutnya mengarah pada peningkatan kepuasan bercinta.

Lain kali saat kamu merasa kehidupan bercintamu kurang memuaskan, cobalah membicarakannya sambil terlibat di dalamnya. Jika mengobrol saat bercinta bukan cara kamu, pegang tangan pasanganmu dan tunjukkan apa yang kamu inginkan. Bukan hanya saat bercinta, komunikasi adalah kunci untuk berbagai masalah. (ADP)

Kredit : anandadimas


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH