Finansial

Komunal Bantu Digitalisasi BPR dengan Peranti Lunak Terintegrasi 

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 08 Desember 2023
Komunal Bantu Digitalisasi BPR dengan Peranti Lunak Terintegrasi 
KOMUNAL luncurkan KAIROS CBS untuk dukung digitalisasi BPR.(foto: Dok KOMUNAL)

DATA OJK menyebut Indonesia memiliki financing gap yang cukup tinggi, yakni sebesar USD 166 miliar atau sekira Rp 2.490 triliun. Celah finansial ini membuat pendanaan tidak maksimal tersalurkan ke masyarakat, khususnya UMKM di daerah.

Demi mengisi celah finansial ini, bank perkreditan rakyat (BPR) memengang peran yang amat penting. Kehadiran mereka mampu mendorong inklusi keuangan di Indonesia. Dengan jangkauan hyperlocal, BPR menjadi mitra strategis bagi para pelaku UMKM di daerah. BPR juga menjadi nadi yang menggerakkan roda usaha kecil di daerah-daerah yang belum memiliki akses terhadap produk keuangan luas layaknya usaha-usaha di kota besar.

BACA JUGA:

Fintech Dorong Digitalisasi UMKM untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Mengingat peran BPR nan sangat penting, upaya-upaya penguatan BPR wajib dilakukan, salah satunya melalui transformasi digital, agar perekonomian Indonesia dapat terus tumbuh dan berkembang. Perusahaan fintech lending KOMUNAL meluncurkan produk inovasi terbaru KAIROS CBS.

Komunal
CEO Komunal Hendry Lieviant berbicara didampingi CTO Komunal Devin Marco (kedua kanan) dan CFO Kendrick Winoto (kanan) serta COO Rico Tedyono saat konferensi pers peluncuran KAIROS CBS.(foto: dok KOMUNAL)

KAIROS CBS adalah layanan peranti lunak sebagai service core banking system yang dibangun dengan mengedepankan keamanan, kemudahan, serta kebutuhan bisnis BPR. “KAIROS CBS hadir sebagai solusi bagi beberapa hambatan utama yang dihadapi BPR dalam penerapan teknologi digital, seperti hambatan strategi implementasi teknologi digital, besarnya biaya investasi penerapan teknologi digital, hingga kendala sumber daya manusia yang betul-betul ahli dan tepercaya untuk mengimplementasikan teknologi digital tersebut,” kata CTO of KOMUNAL Devin Marco dalam keterangan resmi yang diterima Merahputih.com, Kamis (7/12).

Lebih jauh Devin memaparkan KAIROS CBS dirancang khusus menjadi peranti lunak penghubung dari ekosistem produk yang telah dimiliki KOMUNAL saat ini. Dengan begitu, nantinya BPR-BPR akan dapat menikmati tidak hanya layanan perbankan untuk kebutuhan operasional BPR itu sendiri, tapi juga akan dapat mengakses dengan mudah produk-produk KOMUNAL seperti KomunalP2P dan DepositoBPR by Komunal. Semuanya akan terintegrasi langsung dengan KAIROS CBS.

Devin mengatakan, dengan perkembangan sharing-economy saat ini, KAIROS CBS memungkinkan BPR pengguna tidak hanya memenuhi kebutuhan operasional, tapi juga berkolaborasi tanpa batas dengan layanan lainnya guna meningkatkan kemampuan kompetitif BPR di era digital. “Beberapa layanan kolaborasi telah disediakan, yakni layanan dari ekosistem KOMUNAL untuk mendukung BPR mendapatkan akses market baru melalui KomunalP2P, serta akses ke likuiditas melalui DepositoBPR by Komunal. Fungsi kolaborasi yang disediakan akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan BPR di Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA:

Tempat Alternatif Bagi Pelaku UMKM untuk Berjualan

KOMUNAL hadir dengan dua produk unggulan, yakni KomunalP2P yang berupa platform pinjaman produktif serta DepositoBPR by Komunal yaitu aplikasi marketplace pertama khusus produk deposito BPR di Indonesia. “Selama daua tahun, inilah produk terbaik kami. Lewat Komunal P2P, kami telah menyalurkan kredit produktif sebesar Rp 4,4 triliun ke lebih dari 1.300 UMKM di seluruh Indonesia. Sementara itu, DepositoBPR telah berhasil menyalurkan dana deposito sebesar Rp 7 triliun ke lebih dari 330 mitra BPR terseleksi yang bergabung dengan KOMUNAL,” jelas CEO of KOMUNAL Hendry Lieviant

Sepanjang 2023, KOMUNAL meraih sejumlah apresiasi dan pengakuan dari masyarakat, organisasi, dan pemerintah, di antaranya penghargaan Top 3 ASEAN Business Awards 2023, Kategori Innovative Investment pada ajang ASEAN Summit 2023.

KOMUNAL
KAIROS CBS bantu BPR dalam digitalisasi.(foto: dok KOMUNAL)

Selain itu, KOMUNAL juga terpilih menjadi pembicara dalam gelaran The Symposium on Digital Economy & Sustainability and The Launch of The Digital Innovation and Sustainable Economic Center yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi Republik Indonesia dan Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA).

KOMUNAL berharap KAIROS CBS dapat menjadi produk sistem perbankan, khususnya bagi BPR, yang dapat digunakan dengan mudah, tepercaya, dan aman. Diharapkan, di masa depan, BPR dapat semakin tumbuh berkembang, untuk meningkatkan daya saing serta dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi kepada para nasabah, demi menuju ekonomi Indonesia yang lebih kuat dan berdaulat.(dwi)

BACA JUGA:

UMKM Go Online Semakin Maju

#Finansial #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan