Fantastis, Komputer Apple 1 Siap Dilelang Rp 10 Miliar

Rendy NugrohoRendy Nugroho - Minggu, 18 Oktober 2015
Fantastis, Komputer Apple 1 Siap Dilelang Rp 10 Miliar
Komputer Apple 1 (Foto: The Register)

MerahPutih Teknologi - Perusahaan teknologi ternama yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California, yakni Apple, pertama kali merilis sebuah produk komputer perdana pada tahun 1976 atau 39 tahun yang lalu.

Saat memperkenalkan ke publik, Apple memberi menjulukin komputer mereka Computer 1 atau sering disebut Apple 1 atau Apple I. Kemudian, komputer kembangan Steve Wozniak ini dipasarkan oleh Steve Jobs.

Baru-baru ini, Apple dilaporkan bakal melelang komputer 1 pada gelaran event 29 Oktober 2015 mendatang. Event lelang tersebut kabarnya bisa diakses online melalui website rumah lelang Christie's.

Sebagaimana diwartakan laman Theregister, komputer Apple 1 tergolong unik karena penyelenggara lelang menyebutkan produk tersebut hanya tersedia 50 unit di seluruh dunia. Perangkat itu pernah diproduksi dalam jumlah 200 unit pada 1970-an.

Piranti ini masih tampak asli walau kabarnya memiliki beberapa goresan pada bagian motherboard. Penawaran pertama untuk komputer Apple generasi pertama ini terbilang cukp fantastis, yakni sebesar 300 ribu (sekitar 6 miliar rupiah) hingga 500 ribu poundsterling atau berada di kisaran 10 miliar rupiah.

Spesifikasi komputer Apple 1 tersebut antara lain CPU 6502, RAM 8Kb dalam sebuah chip memori 16-pin 4K. Selain itu, terdapat kapasitor power supply, soket low-profile pada semua sirkuit yang terintegrasi dan sebuah kaset mini.

Sebelumnya pada 2012, rumah lelang Sotheby’s di New York telah melelang komputer pertama Apple. Komputer tersebut mencapai harga USD180 ribu atau sekitar 2 miliar rupiah.

  1. Apple Langgar Paten Universitas Wisconsin
  2. Pendapatan Intel dari PC Menurun
  3. Strategi Baru Penjualan Intel
  4. Samsung Galaxy S7 Dilengkapi Teknologi ClearForce
  5. SanDisk Jual Diri
#Komputer #Steve Jobs #Apple
Bagikan
Ditulis Oleh

Rendy Nugroho

Bagikan