Kompolnas Awasi Kinerja Tim Investigasi Polri Usut Tragedi Kanjuruhan

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 04 Oktober 2022
Kompolnas Awasi Kinerja Tim Investigasi Polri Usut Tragedi Kanjuruhan
Warga berdoa di patung Singa Tegar kawasan Stadion Kanjuruhan yang dipenuhi karangan bunga di Malang, Jawa Timur, Senin (3/10). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp.

MerahPutih.com - Mabes Polri menerjunkan tim investigasi guna mengusut tuntas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

Kinerja tim bentukan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo langsung diawasi oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Hal ini sesuai dengan instruksi Menkopolhukam Mahfud MD.

Baca Juga

Timnas U-17 Persembahkan Kemenangan atas Guam untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Komisioner Kompolnas Albertus Wahyurudhanto mengungkapkan, pihaknya sudah mendapatkan laporan resmi dari tim investigasi terkait pengusutan tragedi Kanjuruhan. Namun, Kompolnas hadir di Malang untuk mengecek langsung fakta di lapangan.

"Laporan resmi sudah diterima tapi kami ingin dialog dengan korban dan penonton. Kami juga bertemu dengan wartawan yang saat itu meliput. Kami juga bertemu para suporter," ujar Albertus dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (4/10).

Albertus mengatakan, Kompolnas sesuai perintah Ketua Kompolnas Mahfud MD, melakukan pengawasan terhadap kerja tim investigasi yang dibentuk Kapolri. Tim investigasi kini sedang bekerja keras untuk mengusut kasus ini.

"Tupoksi Kompolnas adalah melihat secara detail penyelenggaraan acara mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi," ujarnya.

Baca Juga

Ultimatum Jokowi, yang Bersalah di Balik Insiden Kanjuruhan Harus Dihukum

Dia menyampaikan bahwa investigasi bukan sekedar mencari siapa yang salah dalam tragedi ini. Melainkan menganalisa fakta yang ditemukan sebagai bahan pembelajaran untuk dunia sepak bola Indonesia ke depan

Dia menegaskan bahwa hasil pengawasan yang dilakukan akan disampaikan secara transparan. Kompolnas meminta Polri tidak menutup-nutupi fakta yang ada.

"Kita lihat secara seksama dan nanti hasilnya harus menjadi pembelajaran penting untuk kita semua," pungkasnya. (Knu)

Baca Juga

Boni Hargens: Semua Harus Bertanggung Jawab atas Tragedi Kanjuruhan

#Kompolnas #Mabes Polri #Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan